Arsip: Membuat Help File untuk Aplikasi Delphi


by Tbawor in Articles more 12 years ago 4558
Ketika membuat sebuah aplikasi Professional maka file Help (petunjuk online penggunaan aplikasi) merupakan bagian yang penting dan bermanfaat agar Pengguna tidak kesulitan dalam mengoperasikan aplikasi yang kita buat. Secara default komponen delphi bisa dihubungkan langsung dengan file help yang mengacu pada sebuah keyword/context ID melalui Property dari masing-masing komponen, sehingga kita bisa membuat sebuah panduan yang sangat mendetail pada aplikasi yang kita buat hanya dengan menggunakan keyword/context ID.
Walaupun sekarang ini file Help berformat .hlp bukan lagi menjadi standard pembuatan help (digantikan .chm), namun sayang apabila kita tidak bisa memanfaatkannya, karena untuk membuatnya sudah tersedia tool bawaan langsung dari program Delphi yang biasanya file hcw.exe terinstall pada direktori [$DELPHI]\help\tool. Ditambah program Word Processing yang professional seperti OpenOffice (MS-Word) untuk membuat file .rtf nya.

Keuntungan aplikasi help dengan format file
.hlp
1. Mudah digunakan, karena tiap komponen2 Delphi bisa dihubungkan langsung melalui property komponennya, dengan menggunakan keyword ataupun context file help yang kita buat.
2. Sudah tersedia program pembuatnya (hcw.exe :: satu paket dengan apliksai Delphi)
3. mendukung penggunaan help context dan help keyword
4. file help relatif kecil
5. tersedia built in macro yang banyak dan bermanfaat (± 100 jenis macro), untuk memperlengkap dan memanipulasi help.

Silakan Download Project File help ini lengkap di sini.
http://www.savefile.com/files/1205245

Kritik dan sarannya sangat dinantikan.
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com