Ngoding Pascal di REPL.IT


by simba in more 5 months ago 3400
Jaman sekarang semakin banyak penyedia aplikasi pemrograman daring. Belajar pemrograman tidak perlu repot-repot lagi memasang (install ) sendiri aplikasi pemrograman di komputer sendiri, yg kadang masih cukup merepotkan bagi pemula. Dengan aplikasi pemrograman daring, tinggal buka peramban (browser ), ketik alamat webnya, lalu… viola, terbuka penyunting untuk mengetik kode program, menjalankannya, dan membagikannya di internet. Mudah sekali.
Salah satu aplikasi pemrograman daring yg terkenal adalah repl.it. Namun repl.it tidak mendukung bahasa Pascal sehingga pemrogram Pascal tidak bisa menikmati kenyamanan aplikasi repl.it. Setelah rekan-rekan Pascal mengajukan permintaan dukungan Pascal ke repl.it, akhirnya repl.it pun mendukung bahasa Pascal melalui Free Pascal. Namun fasilitas ini masih belum resmi alias eksperimental. Walaupun begitu, itu masih lebih baik daripada tidak ada sama sekali.

MENGAKTIFKAN PASCAL

Karena masih belum resmi, bahasa Pascal masih belum tersedia dalam pilihan bahasa di aplikasi repl.it. Untuk menggunakan Pascal di repl.it, berikut caranya: 1. Buat akun baru atau login jika sudah punya. 2. Setelah login buatlah program baru dengan mengklik tombol new repl (di kanan atas). 3. Pilih bahasa Bash karena Pascal belum tersedia dalam pilihan. 4. repl.it akan membuka berkas main.sh di penyunting kode. 5. Hapus semua isinya lalu ganti dengan: fpc main.pas && ./main 6. Buat berkas baru dengan mengklik tombol Add file di kolom Files (panel kiri), beri nama main.pas. 7. Ketiklah program main berikut:
program main;begin writeln('Hello world!');  end.
8. Jalankan program dengan mengklik tombol run di tengah atas penyunting. 9. Jika semua lancar, seharusnya di panel terminal akan muncul proses kompilasi program dan teks Hello world!
Tampilannya kurang lebih seperti dalam gambar di bawah ini. Untuk membagikan kode program, tinggal salin alamat web (URL) yg muncul di sisi atas panel terminal (domain repl.run).

KEKURANGAN DAN KELEBIHAN

Seperti yg telah disebutkan, kelebihan repl.it dibanding aplikasi koding daring lainnya adalah terminal yg interaktif. Satu lagi kelebihan yg menarik adalah kita bisa membagikan program kita yg siap pakai (pseudo-executable via web-based terminal) melalui alamat web repl.run yg disediakan. Jadi orang lain bisa langsung mencoba program kita secara daring melalui peramban.
Karena masih eksperimental, aplikasi repl.it juga belum stabil menjalankan kode program Pascal. Hindari menjalankan program Pascal berulang kali dengan jeda yg singkat atau tanpa mengubah kode program sama sekali. Hal tersebut akan mengakibatkan terminal gagal bekerja (crash). Tapi itu bukan masalah besar, mengatasinya cukup dengan segarkan (refresh) saja laman penyunting.
Semoga repl.it segera membenahi semua kekurangan yg ada dan membuat bahasa Pascal jadi resmi dengan fitur yg setara dengan bahasa-bahasa lainnya. Satu hal lain yg perlu jadi catatan adalah kita tidak bisa menggunakan unit CRT yg umum digunakan di aplikasi teks (console) Pascal di repl.it. Ini karena terminal repl.it adalah emulasi, bukan layar komputer sebenarnya. Tapi jangan khawatir, saya sudah buatkan unit pengganti, yaitu unit ansiCRT yg tersedia di bit.ly/ansiCRT.
Contoh: https://ansiTerm.beejay.repl.run
Cukup menarik bukan? Jika anda tertarik mencoba, silakan bermain-main dengan Pascal di repl.it dan bagikan karya iseng anda di grup ini. Selamat ngoding! ????
Sumber: Group Pascal Indonesia
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com