TINGGALKAN TURBO PASCAL!


by simba in more 4 months ago 4139
Komunitas Pascal Indonesia adalah media berkumpulnya para pemrogram Pascal di Indonesia. Di komunitas ini kita semua bisa berbagi ilmu dan pengalaman seputar pemrograman dengan bahasa Pascal, dari ragam dialek Pascal apa pun. Namun kami secara konsisten menolak dan sangat tidak menyarankan para pemula untuk belajar pemrograman Pascal dengan menggunakan Turbo Pascal. Salah satu propaganda komunitas Pascal Indonesia adalah "Katakan TIDAK pada Turbo Pascal!" Loh, kok bisa?

Tentang Turbo Pascal

Apa salahnya belajar bahasa Pascal dengan Turbo Pascal?

Turbo Pascal adalah produk jadul (jaman dulu) yg sudah mati. Turbo Pascal terakhir adalah versi 7 dibuat pada tahun 1992 untuk DOS 16 bit. Sistem operasi komputer modern hari ini sebagian besar telah 64 bit dan sudah tidak mendukung program 16 bit. Sebagai produk mati, Turbo Pascal tidak lagi digunakan di industri perangkat lunak masa kini karena sebagian besar konsep bahasanya sudah tidak berlaku lagi. Maka belajar Pascal dengan Turbo Pascal sudah tidak sesuai di jaman modern ini.
Sebagai penggantinya, gunakanlah compiler Pascal modern yg masih terus dikembangkan, yaitu: 1. Free Pascal. 2. Delphi. 3. Oxygene. 4. Smart Pascal.
Yg paling umum digunakan adalah Free Pascal (gratis kode terbuka) dan Delphi (gratis kode tertutup). Perangkat Pascal modern lainnya juga banyak tersedia (lihat Unit Perangkat Pascal).

Apa salahnya belajar dasar-dasar bahasa Pascal dengan Turbo Pascal?

Sebagai produk jadul yg sudah mati, teknologi dan bahasa yg digunakan Turbo Pascal sudah usang dan tidak berlaku lagi di bahasa Pascal modern. Yg masih belajar dengan Turbo Pascal justru akan terjebak pada konsep dan paradigma yg salah terhadap bahasa Pascal modern. Dan ini akan berakibat buruk pada citra bahasa Pascal modern yg tentunya kita semua tidak inginkan. Beberapa batasan Turbo Pascal antara lain: - ukuran data program maksimal 64 kb. - panjang string maksimum hanya 255 karakter. - string belum mendukung unicode (seperti emoji). - belum sepenuhnya mendukung OOP. - belum mengenal fitur bahasa modern seperti class , interface , dynamic array , advanced record , generics , class/type helper , anonymous function , dsb. - editor berbasis teks yg sangat terbatas. - program hanya dapat bekerja di DOS (memerlukan DOS emulator seperti DOSBOX untuk berjalan di sistem operasi modern). - dan masih banyak lainnya (lihat Unit Say NO to Turbo Pascal!).
Ingat, > "pascal tidak sama dengan turbo pascal"
Jadi, lupakan Turbo Pascal dan gunakan Pascal modern. Jika anda seorang guru atau dosen yg mengajar pemrograman masih menggunakan Turbo Pascal, mohonlah untuk memperbarui materi belajar anda. Jangan lagi ajarkan ilmu yg sudah kadaluwarsa pada anak didik anda. Terima kasih.

Aplikasi Modern Dengan Bahasa Pascal

Apakah ada IDE (integrated development environment) bahasa Pascal yg berbasis GUI dan modern?

Tentu saja ada. Seluruh compiler bahasa Pascal modern di atas telah menyertakan IDE berbasis GUI masing-masing. Misalnya Free Pascal memiliki Lazarus IDE, Delphi memiliki RAD Studio, dsb. Editor teks adalah masa lalu yg hanya perlu digunakan dalam kasus-kasus tertentu saja, tidak cocok untuk pemula. Kita pun bisa menggunakan editor modern seperti Visual Studio Code dari Microsoft.

Bahasa Pascal modern tersedia dan bisa digunakan di mana saja?

Bahasa Pascal modern tersedia dan bisa digunakan di nyaris seluruh platform modern yg ada saat ini. Mulai dari sistem operasi desktop seperti Windows, Mac, Linux, BSD, dsb. hingga sistem operasi mobile seperti Android dan iOS. Berdasarkan arsitektur processor, Pascal modern mendukung i386 (32 bit), x86-64 (64 bit), PowerPC, Sparc, hingga ARM (dengan berbagai ragamnya).

Bisakah membuat aplikasi GUI dengan Pascal modern?

Bisa sekali. Pemrograman GUI sebenarnya tidak terikat bahasa, melainkan tergantung pada sistem antarmuka yg disediakan oleh sistem operasi. Pascal modern mendukung penggunaan GUI dari OS secara langsung, seperti Windows GDI, X (di Unix), dan Cocoa (di Mac). Selain itu Pascal modern juga mendukung penggunaan pustaka GUI dari pihak ketiga seperti GTK, Qt, wxWidget, atau bahkan OpenGL (seperti FireMonkey di Delphi).

Bisakah membuat aplikasi mobile (di ponsel dan tablet) dengan bahasa Pascal modern?

Sangat bisa. Sama saja dengan GUI, pemrograman mobile pun tidak terikat bahasa. Mobile adalah platform aplikasi yg berjalan di atas perangkat bergerak seperti ponsel dan tablet. Dua sistem operasi mobile paling populer saat ini adalah Google Android dan Apple iOS. Pascal modern juga mampu membuat program untuk platform mobile.

Bisakah membuat aplikasi web dengan bahasa Pascal?

Tentu bisa. Sebagaimana halnya dengan GUI dan mobile , pemrograman web juga tidak terikat bahasa. Web adalah platform aplikasi berbasis protokol HTTP. Teknologi aplikasi web di sisi server juga beragam, pilih sesuai kebutuhan, seperti: CGI, Fast CGI, server module, atau embedded server . Framework pemrograman web untuk Pascal juga banyak tersedia. Bahkan ada dialek Pascal khusus untuk platform web, yaitu Smart Pascal.
Program web "Hello World" dengan bahasa Pascal pun sangat sederhana, cukup seperti ini saja:

begin
  writeln('content-type: text/html',LineEnding);
  writeln('Hello world!');
end.
Semua aplikasi modern itu tidak bisa dibuat dengan Turbo Pascal. Jadi, sudah tidak ada lagi alasan untuk belajar pemrograman Pascal menggunakan Turbo Pascal. Sekarang sudah jaman modern, gunakanlah perangkat dan bahasa Pascal modern.
sumber: Facebook Group Pascal Indonesia
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com