Makna Pascal di Pascal Indonesia


by Simba in more 5 months ago 4936
Grup ini bernama Pascal Indonesia. Artinya, grup ini adalah komunitas orang Indonesia yg bisa atau ingin bisa membuat program komputer dengan menggunakan bahasa Pascal. Ada 4 kata kunci dalam pengertian tersebut, yaitu ‘komunitas’, ‘orang Indonesia’, ‘program komputer’, dan ‘bahasa Pascal’. Saya ingin membahas kata kunci yg terakhir saja, yaitu ‘bahasa Pascal’. Saya anggap semua anggota di sini sudah paham kata kunci yg lain. Dan saya juga terlalu malas untuk bahas semuanya sekaligus.
‘Bahasa Pascal’ itu sendiri memiliki dua kata kunci, yaitu ‘bahasa’ dan ‘pascal’. Bahasa yg dimaksud di sini tentu bahasa pemrograman komputer, bukan bahasa manusia. Nah, Pascal yg dimaksud di sini adalah bahasa Pascal secara umum, atau disebut juga obyek (object) Pascal. Bahasa obyek Pascal itu ada banyak, mulai dari yg jadul hingga yg modern, seperti Apple Pascal, GNU Pascal, Turbo Pascal, Delphi, Free Pascal, Oxygene, Smart Pascal, PascalABC, dan lain sebagainya.
Pascal Indonesia tidak menganjurkan anggota untuk menggunakan Pascal jadul yg sudah tidak didukung di sistem operasi modern, seperti Turbo Pascal atau DevPascal. Sebaliknya, Pascal Indonesia sangat menganjurkan anggota untuk menggunakan Pascal modern yg terus dikembangkan dan sejalan dengan sistem operasi modern. Secara lebih khusus, Pascal Indonesia menyarankan Free Pascal (dengan Lazarus IDE), Delphi, Oxygene, Smart Pascal, dan PascalABC.
Jadi, Pascal yg dimaksud dalam grup Pascal Indonesia adalah lima bahasa obyek Pascal tersebut, yg saya sebut sebagai Lima Besar Bahasa Pascal Modern. Maka jika ada anggota yg beranggapan grup Pascal Indonesia hanya membahas Free Pascal dan Lazarus IDE saja, itu adalah anggapan yg keliru. Apalagi jika ada yg menganggap Pascal Indonesia anti terhadap bahasa Pascal yg lain (Delphi misalnya), itu jelas salah besar. Pascal Indonesia mendukung semua bahasa Pascal yg modern.
Maka jika ada anggota Pascal Indonesia yg ingin berdiskusi atau berbagi program dengan bahasa Pascal selain Free Pascal—asal Pascal yg modern—tentu akan kami dukung dan bantu, tidak ada larangan apa pun. Bahkan jika ada yg ingin berdiskusi atau membahas bahasa lain dengan tujuan mencari solusi atau teknik yg serupa di Pascal, kami pun mempersilakan. Jika ada kesan seolah grup ini lebih sering membahas Free Pascal dan Lazarus, itu hanyalah kebetulan saja.
Semoga penjelasan ini bisa menghapus miskonsepsi (pemahaman yg keliru) yg saya lihat berkembang di komunitas ini maupun di komunitas pemrograman lainnya. Kita semua di sini saling berbagi, sinergi, dan kolaborasi, bukan saling berkompetisi. Ingat, Pascal Indonesia ada untuk penggemar Pascal, dari penggemar Pascal, dan oleh penggemar Pascal.
Salam Pascal Indonesia! 😊
______
Sumber: Pak Lebah
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com