Arsip: Interoperabilitas, bingung maksudnya.

 
user image
more 13 years ago

reza

sedikit pertanyaan mengganjal. sy sudah googling, tp belum menemukan jawaban yang pas, terutama implementasi pada kenyataan. biasanya juga nanya langsung ke mas luri sih, tp sudah dua mingguan lebih ini super sibuk dia. Mohon jawaban, apasih sebenarnya interoperabilitas itu?
user image
more 13 years ago

danieljun

Saya coba jawab sebisa saya, saya juga awam dalam hal ini, jadi para Delphi - Guru yang ada diluar sana, mohon pencerahannya bila saya salah. Interoperabilitas itu adalah dimana suatu aplikasi bisa berinteraksi dengan aplikasi lainnya melalui suatu protokol yang disetujui bersama lewat bermacam-macam jalur komunikasi, biasanya lewat network TCP/IP dan protokol HTTP dengan memanfaatkan file XML. Adapun aplikasi disini boleh berada di platform yang berbeda: Delphi Win32, .NET, Java, atau bahkan pada O/S yang berbeda. Salah satu contoh aplikasi yang punya interoperability adalah aplikasi Web Services, SOA, XML-RPC. Mohon dijelaskan lagi, interoperability seperti apa yang anda inginkan?
user image
more 13 years ago

simba

Kalo yg seperti ini, mending langsung ke Wikipedia aja. Cari dgn keyword "interoperability" (bhs inggris dari interoperabilitas). Sebenarnya kalo mau logika dikit, dari kata itu udah keliatan secara implisit apa yg dimaksud. Kata "interoperability" terdiri dari 3 kata, yaitu: "inter" yg artinya antar (beberapa hal), "operate" yg artinya bekerja, dan "ability" yg artinya kemampuan/kebisaan. Sehingga kalo digabung menjadi "inter-opera-bility" kira2 artinya menjadi "kemampuan bekerja antar beberapa hal" atau terjemahan bebasnya kira2 "kemampuan saling bekerja sama antar beberapa hal". Dari pengertian dasar ini kita bisa kembangkan lebih jauh kira2 maknanya apa dgn bantuan google dan wikipedia. HTH.
user image
more 13 years ago

LuriDarmawan

Rezzzz..... malu-maluin... bertanya-nya yang berat sekalian dehh.... OK, ini mungkin share dgn beberapa rekan sekalian, termasuk oleh-oleh habis ngasih workshop di yogya kemarin. masih ingat dengan thread sy sebelumnya? http://pascal-id.org/thread/unknown/2063/view-old-thread/ ini sebenarnya sudah termasuk langkah bagaimana meng-interoperabilitas-kan suatu sistem. Langsung ke contoh nyata aja: contohnya ke pemda aja yahh.... (sori pemda) saat ini di suatu instansi di pemda, banyak dijumpai berbagai aplikais dengan OS berbeda, Sistem berbeda, Database berbeda, hingga beda-beda yang membedakan perbedaan lainnya! (woooo...) susahnya: setiap aplikasi dibuat oleh rekanan2 yang berbeda dan menggunakan cara yang berbeda pula. ada - sistem-kepegawaian dgn MsSQL, - keuangan dgn DBF, - perencanaan-pembangunan dg FireBird, - kearsipan dgn mysql, - kependudukan dgn oracle dll, dll. naahh.. bagaimana setiap aplikasi ini bisa berinteraksi? apakah untuk berintegrasi, setiap aplikasi harus mengakses langsung ke database masing-masing aplikasi? dari cara pandang sy thd interpblts ini, aplikasi (A) justru TIDAK boleh mengakses langsung ke database aplikasi lain (B). tetapi aplikasi lain (B) ini harus membuatkan suatu aplikasi-perantara. aplikasi-perantara ini hanya sebagai acuan bisnis-role untuk menjalankan eksekusi ke aplikasi sebenarnya. aplikasi-perantara ini juga sudah termasuk dalam cakupan n-Tier. aplikasi-perantara ini rata-rata berupa webservice. teknologi webservice-nya jg bisa berupa: – SOAP, WSDL, and UDDI – Web Services are based around XML – UML, RDF and XML for data modelling and description - webservice dng fungsi buatan sendiri. Dengan demikian, sangar-nya: suatu aplikasi 'BAHKAN' bisa tidak perlu mempunyai database samasekali ! kok bisa? karena masing-masing sudah disediakan di tiap2 aplikasi lainnya. dan satu yang sy masih suka dan sering berantem dengan rekan2 thd pertanyaan ini: Apakah Sistem ber-Interoperabilitas itu harus online? jawaban saya: TIDAK ! mengapa?
user image
more 13 years ago

DelphiExpert

karena tidak harus online :mrgreen: xixixi
user image
more 13 years ago

simba

Wah, pantes bung Luri jarang nongol di forum, lagi sibuk sama proyek di pemda toh. MAKAN-MAKAN! Huehuehuehuehue... :D
dan satu yang sy masih suka dan sering berantem dengan rekan2 thd pertanyaan ini: Apakah Sistem ber-Interoperabilitas itu harus online? jawaban saya: TIDAK ! mengapa?
Sebelum saya mencoba ikutan njawab, samakan persepsi dulu... apa definisi "online" yg bung Luri maksud? ;)
user image
more 13 years ago

LuriDarmawan

online, ambil ke penyaamaan pemikiran warga awam: online yang selalu terhubung ke internet boleh ambil juga ke pemikirian warga awan: (?) online, berarti masing masing kutub selalu terhubung satu sama lain dalam suatu media/jaringan elektronik pemikiran warga awak: (?) onlen, spek hardware berarti berat-berat nih? naahh... yg warga awak ini silahkan menyingkir dahulu, ntar dimakan iwak.
user image
more 13 years ago

simba

Lah, trus konteks yg mana yg dipake terkait pertanyaan dan jawaban di atas? :D
user image
more 13 years ago

DelphiExpert

terserah dikau mengartikannya :mrgreen:
user image
more 13 years ago

cyber_hecker

OOT: busyet dah..... klo demit-demitnya pada ngumpul.. topiknya sadis banget. angkat tangan wak...
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com