Arsip: Akses Registry utk semua user account (XP)

 
user image
more 15 years ago

ashfarsadewa

Salam! Saya mencoba utk membuat program dgn Borland Delphi. Saat ini saya sedang belajar mengakses registry Windows. Tapi, beberapa kali saya mencoba membuat value di registry dengan login sebagai administrator. Tapi, begitu saya akses lagi sebagai limited user atau guest, value yang saya buat di account administrator tadi tidak terlihat. Teman-teman ada yg bisa bantu 'gak, biar value yg dibuat di user account administrator, dapat terbaca juga di limited user atau guest dengan menggunakan program yg saya buat? Mohon pencerahan dari teman-teman semua. Terima Kasih. :?
user image
more 15 years ago

_lmz

Valuenya ditaruh di mana? Kalau di bawah HKLM (LOCAL_MACHINE) ya shared untuk semua user tapi biasanya cuma dapat ditulis oleh admin saja. Kalau di HKCU (CURRENT_USER) ya masing-masing user lain isinya.
user image
more 15 years ago

ashfarsadewa

Salam! Met malem _lmz! Hwehwehwe... Thank you! Lagi-lagi sampeyan yg mencerahkan. Begini, saya buat value nya di subkey-nya HKLM. Kalo di-share-nya langsung melalui program yg kita buat bagaimana? (tidak menggunakan Regedit). Kalo yg kamu maksud di-share dari Regedit, ya bisa aja kan kalo kita login sebagai Admin-nya. Tapi waktu program dieksekusi sebagai limited user, dan kita bukan admin-nya, lalu dalam program saya itu ada penulisan di registry, maka saya tidak bisa menulis di registry. Seperti program-program komersil, kan ada yang bisa diinstall dari privillege Admin, tapi program tersebut tetap bisa digunakan di multi account, termasuk dari Guest. Nah, maksud saya seperti itu. Jadi saya buat value yang bisa digunakan oleh masing - masing user. Tapi tidak tergantung dari privillege-nya, baik Admin maupun Limited User atau Guest. Gimana ya? Bingung banget.
user image
more 15 years ago

_lmz

Seperti program-program komersil, kan ada yang bisa diinstall dari privillege Admin, tapi program tersebut tetap bisa digunakan di multi account, termasuk dari Guest. Nah, maksud saya seperti itu. Jadi saya buat value yang bisa digunakan oleh masing - masing user. Tapi tidak tergantung dari privillege-nya, baik Admin maupun Limited User atau Guest. Gimana ya? Bingung banget.
Jelas... bahwa program komersil itu mengerti kalo masing-masing user ada kemauannya sendiri. Jadi yang disimpan di HKLM setting umum saja (misal: direktori instalasi program), setting spesifik (misal: posisi form, file yang terakhir dibuka) harusnya lain untuk masing-masing user (dan disimpan di HKCU atau di folder Application Data). Emang value konfigurasi apa sih yang harus dishare dan bisa ditulisi oleh setiap orang? Logikanya saja kalau saya hari ini login dan pakai program, terus besok saya login lagi lalu settingnya berubah karena ada orang lain (bukan admin) yang merubah settingnya, apa gak marah/heran? Tapi kalau memang perlu toh registry bagian manapun bisa diset securitynya sehingga bisa ditulisi non admin (saran saya dengan ini).
user image
more 15 years ago

ashfarsadewa

Emang value konfigurasi apa sih yang harus dishare dan bisa ditulisi oleh setiap orang? Logikanya saja kalau saya hari ini login dan pakai program, terus besok saya login lagi lalu settingnya berubah karena ada orang lain (bukan admin) yang merubah settingnya, apa gak marah/heran?
Salam! Sebenernya begini _lmz..Aku kan buat program, ada login passwordnya. Nah, kata kunci nya aku simpan di registry Windows. Kalo aku eksekusi program itu dari Admin account, loginnya berfungsi (karena registry memperbolehkan utk ditulisi oleh si user dgn privillege Admin). Tapi kalo aku eksekusi dari Limited User ataupun Guest, maka sistem loginnya tidak berfungsi. Karena tidak ada permission utk menulisi registry bagi Limited User dan Guest tadi. Jadi bagaimana agar programku tadi bisa langsung menulis di registry Windows utk semua user account? Dengan catatan, aku tidak membuka permissionnya dari Regedit, tapi dari programku langsung. Karena kurang enak keliatannya, kalo setiap kali aku install programku di komputer lain, aku harus membedah dengan Regedit dulu agar registry nya bisa ditulisi oleh programku. Thank you banget URL nya (madShi). Mudah-mudahan _lmz gak bosen-bosen kasih aku referensi. Sekali lagi makasih banget!
user image
more 15 years ago

_lmz

@ashfarsadewa: Aku kan buat program, ada login passwordnya. Nah, kata kunci nya aku simpan di registry Windows. Kalo aku eksekusi program itu dari Admin account, loginnya berfungsi (karena registry memperbolehkan utk ditulisi oleh si user dgn privillege Admin). Tapi kalo aku eksekusi dari Limited User ataupun Guest, maka sistem loginnya tidak berfungsi. Karena tidak ada permission utk menulisi registry bagi Limited User dan Guest tadi.
Menyimpan password... di registry... (wajar) Tapi untuk ditulisi semua orang :? :? :? Ini maksudnya program anda passwordnya "shared" untuk semua user dan ada fasilitas ganti password sehingga semua orang bisa ganti gitu?
Jadi bagaimana agar programku tadi bisa langsung menulis di registry Windows utk semua user account? Dengan catatan, aku tidak membuka permissionnya dari Regedit, tapi dari programku langsung. Karena kurang enak keliatannya, kalo setiap kali aku install programku di komputer lain, aku harus membedah dengan Regedit dulu agar registry nya bisa ditulisi oleh programku.
Yaa logikanya pakai yang madSecurity itu tadi to, tapi misalnya program itu first-run sesudah diinstall harus dari admin (untuk set security registrynya) -> kasih saja fasilitas di installernya untuk langsung jalankan program anda sesudah diinstall (mis. checkbox "run program now"). Kalau program mulai dan ternyata tidak mampu menulisi registry, suruh usernya jalankan sebagai admin paling tidak sekali.
more ...
  • Pages:
  • 1
Share to
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com