Arsip: Bantuin saya dong...!

 
user image
more 15 years ago

Ardan

Saya ingin membuat TA. Dengan topik menyangkut port paralel. Saya ingin membuat satu program dengan delphi yang berhubungan dengan perangkat luar melalui parallel port. Saat ini saya kesulitan dalam hal membaca input 5 volt yang diberikan oleh perangkat luar pada pin 10 port parallel.
user image
more 15 years ago

kaka-delphi

wow ... ini sudah pernah dibahas lho .... silahkan search ;)
user image
more 15 years ago

kaka-delphi

Refer : http://pascal-id.org/thread/unknown/1256/view-old-thread/
user image
more 15 years ago

Mr-Soft

Tambahan klo mo baca nich linknya mangga di klik http://www.computerhope.com/jargon/p/parallel.htm Mo contoh programnya versi delphi yang sangat sederhana bisa didownload di link ini http://www.teknisoft.net/project/skpl.dpr :D mudah2an cukup membantu :)
user image
more 15 years ago

Ardan

Kalau yang itu mah saya udah pernah baca mas ! Kalau uraian yang diatas pengendalian-nya khan dari dalam komputer. Maksud saya tegangan yang 5 volt di suplai dari rangkaian luar. Setelah rangkaian memberikan tegangan yang 5 volt pada pin (misal pin 2) program langsung mendetek pin tersebut (dengan komponen timer). Saya udah coba langsung menghubung tegangan yang 5 volt (terpaksa berani ambil resiko nich) ke pin tersebut, cuma tidak bisa terbaca oleh program. Apakah perlu alat untuk mengkonversi teg. 5 volt tersebut ? list untuk mendeteknya saya pakai sbb : procedure TMainForm.Timer1Timer(Sender: TObject); var x : byte; begin x := inp32($378); if x mod 2 = 1 then begin Panel1Click(Sender); end; end;
user image
more 15 years ago

mas_kofa

pin nomor 10 alamatnya bukan $378, tapi $379 procedure TMainForm.Timer1Timer(Sender: TObject); var x : byte; begin x := inp32($379); if x mod 2 = 1 then begin Panel1Click(Sender); end; end; untuk lebih jelas baca pemetaan alamat bit / pin port parallel
user image
more 15 years ago

Ardan

Op.. sori nich ! Yang saya maksud bukan pin 10 tapi pin 2 (sebagai contohnya) yang codingnya : procedure TMainForm.Timer1Timer(Sender: TObject); var x : byte; begin x := inp32($378); if x mod 2 = 1 then begin Panel1Click(Sender); end; end; tapi pin berapapun dia, yang penting tegangan yang masuk 5 volt dari luar tersebut bisa terbaca. kalau masalah pemetakannya saya udah paham. Saya mau tahu cara agar teg. yang dari luar itu bisa terbaca aja. Soal pin yang dipakai khan tinggal pengaturan diprogramnya aja.
user image
more 15 years ago

Ardan

Cemana nih.... :?: :?: :?:
user image
more 15 years ago

mas_kofa

tapi pin berapapun dia, yang penting tegangan yang masuk 5 volt dari luar tersebut bisa terbaca. kalau masalah pemetakannya saya udah paham. Saya mau tahu cara agar teg. yang dari luar itu bisa terbaca aja. Soal pin yang dipakai khan tinggal pengaturan diprogramnya aja.
1. no. pin mempunyai alamat port yang berbeda-beda, dan mempunyai karakteristik yang berbeda-beda pula. 2. alamat port $378 standarnya adalah unidirectyional (output)....untuk menjadi bidirectional, alamat port kontrol pin no. 5 perlu di set 1... S'moga bermanfaat
user image
more 15 years ago

gormet

cuma tidak bisa terbaca oleh program.
mungkin pada properties timernya ubah nilai 1000 menjadi 100. saran dari saya, mas Ardan bisa tampilkan coding nya di forum ini. tetep semangat!!!! :)
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com