Arsip: membuat file DLL

 
user image
more 14 years ago

mssetyawati

saya membuat simple file DLL tapi knapa kok error ya ketika di Run.. padahal saya membuatnya sesuai dengan panduan yang disini http://delphi.about.com/od/windowsshellapi/a/dll_basics.htm nah ini list program saya: library DLLTEST; { Important note about DLL memory management: ShareMem must be the first unit in your library's USES clause AND your project's (select Project-View Source) USES clause if your DLL exports any procedures or functions that pass strings as parameters or function results. This applies to all strings passed to and from your DLL--even those that are nested in records and classes. ShareMem is the interface unit to the BORLNDMM.DLL shared memory manager, which must be deployed along with your DLL. To avoid using BORLNDMM.DLL, pass string information using PChar or ShortString parameters. } uses SysUtils, Classes; {$R *.res} procedure DllMessage; export; begin ShowMessage('Hello world from a Delphi DLL') ; end; exports DllMessage; begin end. nah ketika di Run ada 1 error yang bertuliskan [Pascal Error] DLLTEST.dpr(20): E2003 Undeclared identifier: 'ShowMessage' kenapa seperti itu? padahal sudah sama persis seperti petunjuknya.. saya memakai turbo delphi.. mohon pencerahannya ya..
user image
more 14 years ago

Akuna-Matata

coba mungkin... uses ...., dialogs;
user image
more 14 years ago

ImanD

yup betul kata Akuna-Matata, itu karena memakai procedure ShowMessage, dan perintah itu terdapat di Dialogs.pas jadinya,

library DLLTEST; 
uses 
  SysUtils, 
  Dialogs,
  Classes; 
{$R *.res} 
procedure DllMessage; export; 
begin 
  ShowMessage('Hello world from a Delphi DLL') ; 
end; 
exports DllMessage; 
begin 
end. 
tar klo pke fungsi atw procedure jangan lupa daftarkan juga di clause uses.
user image
more 14 years ago

mssetyawati

kalo bikin DLL tu harus njalaninnya dari form ya? jadi DLL tu ga bisa dicompile ya? saya bingung ni karena saya harus membuat library yang mempunya 2 fungsi, jadi DLL disini semacam pogram simulasi yang bisa untuk membaca card reader ang dimana card readernya itu bisa di reload uang sehingga DLLnya mempunyai fungsi untuk menghitung berapa jumlah uang di dalam cardnya dan fungsi bagaimana kalo mengurangi uang dalam card.. saya ini masih pemula kok ya dapet tugasnya dah complicated gini.. jadi mohon bantuannya yah.. trima kasih..
user image
more 14 years ago

jrp

Sama seperti file EXE, file DLL adalah hasil kompilasi. Kalau di Delphi, hal pertama yang membedakan apakah sebuah source akan dicompile jadi EXE atau DLL adalah kata kunci 'program' atau 'library'. Kalau file EXE bisa dijalankan secara mandiri, file DLL tidak. Guna file DLL adalah untuk menyimpan subrutin yang akan dipanggil oleh file EXE. Ini adalah teknik untuk membuat program menjadi modular pada saat berjalan. Mirip seperti kita menggunakan unit lain di Delphi dengan klausa uses, cuma penggunaan file DLL itu pada saat runtime. OOT: anda sedang menempuh pendidikan di luar negeri? jrp
user image
more 14 years ago

mssetyawati

ada ga tutorial yang mengenai Delphi dalam bahasa Indonesia? soalnya saya googling kok jarang skali tutorial Delphi yang tersedia dalam bahasa indonesia. kebanyakan tutorial dalam bahasa inggris dan tidak untuk pemula seperti saya apalagi tingkatnya sudah intermediate ke atas. saya butuh tutorial yang detail menjelaskan dari awal tentang cara2 membuat program mengunakan delphi.. tolong yah.. OOT: kok bisa tau kalo saya menempuh pendidikan di LN? disini saya masih pemula tapi langsung dikasi tugas bikin DLL yang complicated gitu..
user image
more 14 years ago

jrp

@mssetyawati
ada ga tutorial yang mengenai Delphi dalam bahasa Indonesia? soalnya saya googling kok jarang skali tutorial Delphi yang tersedia dalam bahasa indonesia. kebanyakan tutorial dalam bahasa inggris dan tidak untuk pemula seperti saya apalagi tingkatnya sudah intermediate ke atas. saya butuh tutorial yang detail menjelaskan dari awal tentang cara2 membuat program mengunakan delphi.. tolong yah..
Tutorial Delphi komplit yang berbahasa Indonesia memang tidak mudah didapat di internet seperti mencari tips & tricks Delphi yang berbahasa Indonesia. Saran saya: - Cari saja buku (ya buku kertas) berbahasa Indonesia. Buku Delphi berbahasa Indonesia banyak yang bagus dan cocok untuk mulai belajar Delphi. Mungkin anda bisa belanja dari toko buku online di Indonesia. Tapi saya tidak yakin mereka mau ship ke Jerman. Oya, di delphi-id ada penulis buku Delphi juga lho. Salah satunya adalah pak EkoIndri. Tapi saya tidak tahu apakah beliau juga menulis buku yg dasar/tidak. - Cari buku online berbahasa Inggris, misalnya di http://www.ebooksportal.org/category/it-ebooks/delphi/ tapi kalau untuk belajar dari pertama, IMHO buku2 lokal disini lebih membantu karena pengarang Indonesia cenderung lebih detail pada bab-bab awal, dan lebih telaten menjelaskan contoh-contoh kecil yang kadang dianggap remeh oleh pengarang luar. -- Download juga program TipsExplorer yg ada disitus ini. Pasti akan berguna suatu saat nanti.
OOT: kok bisa tau kalo saya menempuh pendidikan di LN? disini saya masih pemula tapi langsung dikasi tugas bikin DLL yang complicated gitu..
Cuma menduga-duga saja dari kata-kata dalam posting anda koq. O ya, barusan sebelum nge-post ini, sekonyong-konyong saya dapat pengelihatan bahwa anda adalah seorang gadis berbintang Gemini yang tinggal di Jerman. Anda cenderung mudah berubah-ubah, dan kadang mudah gugup. Tapi jangan takut karena anda sebenarnya punya skill komunikasi yang baik. Eh malah jadi ramalan bintang.... Sukses dalam studi anda. Mengenai pengelihatan tadi cuma bercanda. Saya cuma query di google aja koq... :D jrp
user image
more 14 years ago

Pheeby

DLL ini aku pake sebagai string connection MySQL dan pengubah format integer ke dalam format uang. dari format western limajuta (5,000,000) menjadi 5.000.000 library Konverter; uses Sharemem, SysUtils, Classes; {$R *.res} Function StrProduksi:String;stdcall; begin result := 'Driver={MySQL ODBC 3.51 Driver};Server=mydomain;Port=3306;Database=produksi;User=root;Password=mypassword;Option=3;'; end; function StrPersonalia:String;stdcall; begin result := 'Driver={MySQL ODBC 3.51 Driver};Server=mydomain;Port=3306;Database=personalia;User=root;Password=mypassword;Option=3;'; end; function RubahUang(sumber:string):String;stdcall; begin while Pos(',',sumber ) > 0 do sumber[Pos(',', sumber)] := '.'; result := sumber; end; Exports StrProduksi,StrPersonalia,RubahUang; begin end.
user image
more 14 years ago

mssetyawati

kalo kita pake program dari DLL trus kan menjalankannya harus dari form lain, ya kan? nah trus untuk memanggil program DLL diatas tu gimana? bukankan itu butuh koneksi database juga? trus kalo program ditulis di DLL brarti di formnya kita cuman manggil DLLnya aja ato masih create component2 juga? mohon penjelasannya yah..
user image
more 14 years ago

budi_bunga

saya pernah ngajukan pertanyaan tentang dll mas, yaitu adakah cara agar form child dapat ditempatkan di file DLL, kemudian file DLL itu dipangil oleh form MDI ? saya masih belum jadi2 mas........... :roll:
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com