Arsip: Best practise di Delphi berkaitan dg reusability

 
user image
more 11 years ago

wisnu.widiarta

Halo salam kenal, Saya Wisnu anggota baru Delphi ID. Kemarin pas kopdar pertanyaan ini saya lontarkan ke hampir semua yg hadir. Tapi saya yakin banyak anggota forum ini yang tidak hadir. Jadi saya ulang di sini, terutama buat yang tidak hadir. Apa framework gratis atau tool gratis yang Anda gunakan untuk mempercepat development dan meningkatkan reusability. Pertanyaan serupa saya tanyakan juga di stackoverflow.com di http://stackoverflow.com/questions/1091043/best-practice-in-delphi-rapid-application-development-in-term-of-reusability Ada beberapa jawaban yang menarik dan salah satunya sangat berguna bagi saya pribadi. Any answers would be appreciated.
user image
more 11 years ago

Manz

@Wisnu meskipun dikau anggota baru di Delphi-ID, keliatannya pas kopdar kemaren cukup mahir dalam dunia Delphi. Pertanyaan yang dilontarkan meskipun rada pabeulit alias agak mis-communication dengan Delphier lain antara pertanyaan mu dengan Virtual-Office minded ... Jadi sudah diluruskan kemaren pada saat kopdar berlangsung. Dan untuk pertanyaan seperti ini kalo saya sendiri dengan temanz yang lain yaitu : 1. Dibuat Master Project yang berisi apa yang akan diperlukan dan project tersebut disimpan dalam repository. 2. Refactoring ... pasti lah 3. Semua form kami tidak menggunakan form, tapi menggunakan frame ... hmmm sama sajah kali ya ..., saya membuat 3 frame template yang berfungsi untuk : Transactions, References, dan Printing, jadi semuanya inherit dari situ ... ketjuali Login dan Splash 4. Main menu dan data navigator sudah disiapkan . 5. Aturan main yang sangat sangat sangat perlu diperhatikan dalam hal ini, karena kalau tidak ada aturan main, bakal katjaw semuanya :mrgreen: Kemudian, file pendukung, folderz yang akan digunakan, reading external file, exporting - importing .. semuanya sudah di atur dalam file ATURAN MAIN kami, so ... so pasti mereka kagak bingung untuk melakukan second or next projects ... :mrgreen: Kami tidak membuat modeling dulu, karena kalo modeling software yang bagus itu dari Rational Development Tool Suite dan harganya selangiiiit alias muahal buangedd :mrgreen: Itu sajah dari sayah mah ... Man'z :mrgreen:
user image
more 11 years ago

simba

@Manz: @Wisnu meskipun dikau anggota baru di Delphi-ID, keliatannya pas kopdar kemaren cukup mahir dalam dunia Delphi.
Hehehe... belum tau dia. :D Disini memang anggota baru, tapi om Wisnu ini pendekar Delphi, salah satu sesepuh di komunitas tetangga: Delphindo. Selain pendekar Delphi, beliau juga pendekar Java. Beliau juga udah pernah menerbitkan buku tentang Delphi dan Java. Pertanyaan bung Wisnu ini rada susah njawabnya. Menurut saya, pendekatannya bisa berbeda tiap orang dan sangat tergantung kasus development-nya. Berhubung saya belum ada banyak waktu untuk menjawab scr detil, kapan2 aja deh nimbrung lagi di thread ini. :D Saya cuman mau bilang ke bung Wisnu, welcome to the club, bro! :)
user image
more 11 years ago

wisnu.widiarta

Hehehe makasih atas jawabannya. Saya setuju dengan Simba yang mengatakan pendekatannya bisa berbeda tiap orang dan tergantung kasus developmentnya. Justru karena berbeda, saya ingin tahu. Siapa tahu ada yang memiliki kebiasaan "keren" dan bisa ditularkan. Kadang kita merasa yang kita buat dah maksimal.. tapi pas lihat best practise sesama kita, tiba-tiba kita senyum sendiri.. darn! kenapa gak kepikiran ya? Anyway, penasaran nih pengen pakai delphi 2009. Belum ada project gede lagi buat upgrade 2006ku. Hehehe..
user image
more 11 years ago

zones

@Wisnu, menjawab pertanyaan anda mengenai framework gratis, memang ada beberapa tetapi mungkin saya yang agak bodoh jadinya blm menangkap maksud si pembuatnya bisa di coba beberapa link berikut : 1. http://sourceforge.net/projects/emvc/ 2. http://code.google.com/p/g-framework/ 3. http://tiopf.sourceforge.net/ mungkin ini yang di cari oleh @Wisnu, cuman di thread yang lain ada Poolling tentang Virtual Office dihalaman akhir ada membahas tentang Framework, Pattern, Modular <= untuk lebih jelasna di baca saja langsung ke TKP atau PM ke @DE. @Manz bagi2 dunk's bahasan tentang Virtual Office yang di Kopdar soale saya ndak ikut. :D plzzz....
user image
more 11 years ago

wisnu.widiarta

Zones, Aku mau coba yang http://code.google.com/p/g-framework/ TIOPF mungkin berikutnya. Thx berat.
user image
more 11 years ago

ichan29

utk masalah style dan kebiasaan tiap orang kemungkinan pasti berbeda, itu jg sy sependapat dg simba, tdk semua orang dipastikan bisa sama mendesign dlm pembuatan suatu project, tp setidaknya bagaimana bisa membuat orang yg baca bisa lebih mudah, atau mungkin lebih tepatnya lg mungkin ketika komputer kita ada masalah yg mungkin hrs dipindahkan ke komputer yg lain bisa sangat mudah men-generate project tadi tanpa hrs ini dan itu. salah satu yg paling byk ditemukan ketika kita tdk mempunyai pola dan pikiran kedepannya nanti ketika ada perubahan atau mungkin pengembangan, biasanya kita dg sangat sample menambahkan beberapa komponen yg hanya bisa dilihat bagus utk fungsi pd saat dan waktu membuatnya, tetapi tdk dipikirkan utk kedepannya, celakanya lg klo itu sifatnya sdh komersil. eh @zones: kok ada PM segala si..
user image
more 11 years ago

zones

@ichan, PM ke @DE maksudna klo mo tanya soal yg saya sebut kan diatas biasana @DE lebih mahir,,,, secara dah expert getto loh.
user image
more 11 years ago

muktaf

oooo cuman mau tau gaya orang2 dalam pembuatan program.... toh om wisnu
user image
more 11 years ago

n3o_cybertech

@muktaf: oooo cuman mau tau gaya orang2 dalam pembuatan program.... toh om wisnu
itu penting bro, jgn mengatakan CUMAN. yang ditanya @wisnu ini sangat kritis bgt lho :wink:
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com