Arsip: Cek koneksi Database

 
user image
more 9 years ago

om20020

kaka mo tanya nih.Aku pakai Delphi+MySql+ZEOS, nah yang saya tanyain, Script untuk mengetahui/cek koneksi ke database dengan menggunakan peringatan/warning sehingga kita tahu terhubung atau tidaknya koneksi ke database tanpa adanya error. Terimakasih sebelumnya buat kaka yg mau kasih solusi / jawaban :D
user image
more 9 years ago

sidiq_himura

dicoba pake exception kaya gini..: try ZConnection1.Database :='nama database'; ZConnection1.HostName :='host databasenya';//kalaw pake xampp biasanya localhost ZConnection1.Protocol :='protokol databse';//protokol database yang dipakai, klw mysql biasanya mysql-5 ZConnection1.User := 'user name';//user name dari database kalaw xampp nya standar biasanya root ZConnection1.Password := 'password';// password dari database kalaw xampp nya standar biasanya dikosongkan ZConnection1.Connect; except showmessage('Tidak Dapat terhubung ke database'); end;
user image
more 9 years ago

sidiq_himura

sekedar berbagi, kalaw ada salah tolong di koreksi oleh para pakar kita hehe.. dicoba pake exception kaya gini..: try ZConnection1.Database :='nama database'; ZConnection1.HostName :='host databasenya';//kalaw pake xampp biasanya localhost ZConnection1.Protocol :='protokol databse';//protokol database yang dipakai, klw mysql biasanya mysql-5 ZConnection1.User := 'user name';//user name dari database kalaw xampp nya standar biasanya root ZConnection1.Password := 'password';// password dari database kalaw xampp nya standar biasanya dikosongkan ZConnection1.Connect; except showmessage('Tidak Dapat terhubung ke database'); end;
user image
more 9 years ago

om20020

Terimakasih kak sudiq_himura dah aku coba dan sengaja kompi host tak putus,script sbb :
Try ZConnection1.Database :='PusatTabel'; ZConnection1.HostName :='PusatData';//kalaw pake xampp biasanya localhost ZConnection1.Protocol :='mysql';//protokol database yang dipakai, klw mysql biasanya mysql-5 ZConnection1.User := 'root';//user name dari database kalaw xampp nya standar biasanya root ZConnection1.Password := 'root';// password dari database kalaw xampp nya standar biasanya dikosongkan ZConnection1.Connect; except showmessage('Tidak Dapat terhubung ke database'); end;
hasilnya : tapi koq error dan peringatan "Tidak Dapat terhubung ke database" tidak muncul ya. tolong ya.makasih sekali lagi boat yg mo ngasih solusi :D
user image
more 9 years ago

mas_kofa

1. debugger exception (Stop on Delphi Exceptions) nya dimatiin dulu mas..... kalo aku pake delphi7 ada di menu Tools --> Debugger Exceptions, Tab Language Exceptions.... kalo delphi yang lain aku kurang paham... 2. Yang dimasukan ke block try cukup perintah connect nya aja..

try
  ZConnection1.Connect;
except
  showmessage('Tidak Dapat terhubung ke database');
end; 
user image
more 9 years ago

madi

gunakan even onbeforeconnect dan beforedisconnect
user image
more 9 years ago

aday-gate

dicoba gan :

try
  ZConnection.connect;
except
  on E : EZMYSQLException do
    ShowMessage('tidak dapat terhubung ke database!');
end
jd dia bakal ngehandle exeption bertipe EZMYSQLException
user image
more 9 years ago

aday-gate

eh slh ketik tp EZSQLException :lol:
user image
more 9 years ago

om20020

wow perfect. Terimakasih saya ucapkan kepada agan2 yg telah memberikan solusi. Smoga Allah memberikan limpahan pahala kepada agan2 semua. THX :D
user image
more 9 years ago

sidiq_himura

@om20020: Terimakasih kak sudiq_himura dah aku coba dan sengaja kompi host tak putus,script sbb :
Try ZConnection1.Database :='PusatTabel'; ZConnection1.HostName :='PusatData';//kalaw pake xampp biasanya localhost ZConnection1.Protocol :='mysql';//protokol database yang dipakai, klw mysql biasanya mysql-5 ZConnection1.User := 'root';//user name dari database kalaw xampp nya standar biasanya root ZConnection1.Password := 'root';// password dari database kalaw xampp nya standar biasanya dikosongkan ZConnection1.Connect; except showmessage('Tidak Dapat terhubung ke database'); end;
hasilnya : tapi koq error dan peringatan "Tidak Dapat terhubung ke database" tidak muncul ya. tolong ya.makasih sekali lagi boat yg mo ngasih solusi :D
sory baru dibalas, betul kata mas_kofa, setingan didelphi'a harus dirubah dulu, di tools-->debuger option--> language exceptions --> nah terus ceklist di stop on delphi exception na dihilangin..
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com