Arsip: minta masukan, query ngecek buku ada atau lagi dipinjam...

 
user image
more 14 years ago

imunk

dear mas2/mbak2 delphier... datang lagi nih.... minta masukannya, aku lagi bikin query utk mengecek buku, apakah ada atau sedang dipinjam. database yg digunakan mySQL.

TABEL PINJAM
kode    kdinv   nim   tgl
1       11      1     2006-11-08
2       11      1     2006-11-08
3       2       1     2006-11-08
3       11      1     2006-11-08
4       2       2     2006-11-08
5       11      2     2006-11-08
6       11      2     2006-11-08
TABEL KEMBALI
kode    kdinv   nim   tgl
1       11      1     2006-11-09
2       11      1     2006-11-09
3       2       1     2006-11-09
3       11      1     2006-11-09
5       11      2     2006-11-09
6       11      2     2006-11-09
TABEL INVENTARIS
kode    namabuku
11      Pemrograman Delphi 7
2       Delphi dan Mysql
QUERY
select kode,'1' as status from inventaris 
where kode not in (select kdinv
from  pinjam where concat(kode,kdinv) not in 
(select concat(kode,kdinv) from kembali))
UNION
select kode,'0' as status from inventaris 
where kode in (select kdinv
from  pinjam where concat(kode,kdinv) not in 
(select concat(kode,kdinv) from kembali))
order by kode
OUTPUT
kode    status
11      1
2       0
ket status:
1  :=  ADA;
0  :=  DIPINJAM;
sampe saat ini OUTPUT tersebut dah betul (tp gak tau kalo data dah banyak), untuk itu tolong dong kritik dan saran dari QUERY yg kubuat apakah sudah bisa mengatasi atau perlu ada perbaikan, aku sendiri masih kurang puas dg QUERY tsb pengennya lebih simple lagi dan gak usah pake fungsi UNION segala. makasih sebelumnya atas masukan dan pencerahannya. mohon dukungannya supaya diriku bisa maju.....
user image
more 14 years ago

kaka-delphi

bentar nich .... apa kode dari tabel pinjam dan tabel kembali merupakan primary key ... ? Klo ya ... knapa ada double data yang sama ... ?
user image
more 14 years ago

imunk

primary key untuk tabel PINJAM dan KEMBALI: kode+kdinv+nim primary key untuk tabel INVENTARIS: kode
user image
more 14 years ago

kaka-delphi

Apa ga ada field untuk stok buku .... ? mungkin untuk memudahan kita untuk mendeteksi stok buku. Nah saat transaksi pinjam tinggal kurangkan, saat transaksi kembali tambahkan stok buku. Mungkin itu bisa lebih mudah .... Referensi : http://www.delphi-id.org/thread/unknown/1393/view-old-thread/ http://www.delphi-id.org/thread/unknown/1415/view-old-thread/
user image
more 14 years ago

aireda

menurutku si enakan pake view seperti referensi bung kaka... lebih enak si ngurusinnya..! btw......betul ga..?
user image
more 14 years ago

imunk

@kaka-delphi gak ada mas, stok buku dicek lgs dr tbl pinjam dan kembali. menurutku lebih dinamis. tapi kalo ada masukan dari rekan2 yg lain, dengan senang hati kuterima..:)
user image
more 14 years ago

_lmz

Apakah mungkin bisa dibuat "IN clause"-nya dalam daftar kolom? Karena harusnya kan ... NOT IN ... hasilnya boolean...

select 
kode,
( kode not in 
  (select kdinv from  pinjam where concat(kode,kdinv) not in 
    (select concat(kode,kdinv) from kembali) ) ) as status 
from inventaris 
order by kode;
user image
more 14 years ago

imunk

@_Imz tenkyu abiz deh...:) aku baru tau kalo klausa in bisa dijadiin kolom.. (ini ilmu baru bagiku). utk kodenya running well deh........ @all ternyata belajar ma yg ahlinya mengasikkan ya..... kita selalu akan dapat tambahan ilmu.... thanks all..... untuk maju emang harus berguru....
user image
more 14 years ago

yayaretina

sekedar ngasih tambahan n saran.. soalnya aku jg habis nyelesain aplikasi kayak gitu.. gini... tabel pinjam n tabel kembali bisa dijadiin satu n querynya tanpa memakai union... seperti kata bung kaka :
Apa ga ada field untuk stok buku .... ? mungkin untuk memudahan kita untuk mendeteksi stok buku.
tabel inventaris tinggal ditambahkan field stok. lalu pada setiap kali ada peminjam buku maka data pada field stok di kurangi satu.. apabila stok=0 maka buku keluar.. n jika stok>0 maka buku ada..

select  from inventaris where stok<>'0'; //untuk mengecek buku yang ada
select   from inventaris where stok='0'; //untukmengecek buku yang keluar
mungkin bisa jadi perbandingan.. ---CMIIW---[/quote]
user image
more 14 years ago

saysansay

@kaka-delphi gak ada mas, stok buku dicek lgs dr tbl pinjam dan kembali. menurutku lebih dinamis.
Xiixixxi mas imunk apa Nga Kebalik..Menurut Pengalaman Ku,..malahan Lebih Nga Dinamis Pake Yg punya Mas Imunk... Misalkan Salah Satu Buku Iventaris Hilang,Rusak,Atau Nga Dibalik2in..Hayo...dimana mas Akan membuat status Bukunya ? Sekedar Saran Sebaiknya Bikin Tbale Stok Buku Beserta History Peminjam....Dan History Pengembalian...akan lebih Membantu...Jika Sudah Ada History...Apa Lagi kebiasaan Jelek Org Indonesia mau minjem Nga mau Ngembaliin..xixixixixi...Moga jadi bahan pertimbangan..Ok Semnagat
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com