Arsip: Cenderung yang Mana ?

 
user image
more 17 years ago

budi_bunga

Ada dua orang yang mempunyai kemampuan yang sama, tetapi dari disiplin ilmu yang berbeda, Anggap si A dan si B, Si A adalah orang matematika yang ingin belajar bahasa pemrograman, sementara Si B anak STMIK yang ingin belajar ilmu matematika, Siapa kira-kira yang cepat menguasai ilmu yang dipelajari ? :D
user image
more 17 years ago

_lmz

Menurut saya sih yang pertama (A). Ini polling ya? Gak perlu alasan kan? :) Banyak peneliti dalam bidang fisika/kimia/lain-lain yang bisa membuat program untuk membantu perhitungan dalam penelitiannya tapi jarang sekali programmer yang membuat penelitian tentang fisika/kimia/dll u/ membantu pemrogramannya... :P
user image
more 17 years ago

budi_bunga

yah kalo bisa sih ada alasan sih mas, supaya keliatan ilmiah gitu.. :wink:
user image
more 17 years ago

jrp

Saya juga berpendapat bahwa si A cenderung lebih cepat menguasai, karena dia berlatar belakang matematika (ilmu yg lebih "murni"). Orang yang berlatar belakang matematika atau ilmu murni lainnya pada umumnya logikanya "bersih", sistematis, dan terlatih melakukan deduksi. Jadi kalau mau belajar ilmu terapan cenderung lebih mudah ketimbang sebaliknya dari ilmu terapan mau belajar ilmu murni.
user image
more 17 years ago

simba

Ah... ya gak mesti lah, bisa si A, bisa si B. Kalo si A sering bolos kuliah dan cuman sibuk pacaran? Kalo si B sering baca buku matematika dan ibunya dosen matematika? Asumsinya apa dulu? Gak bisalah kita samakan si A atau si B dgn org lain. :D Ingat... everybody is unique(TM)!. :lol:
user image
more 17 years ago

pakistan

@simba: Ingat... everybody is unique(TM)!. :lol:
Betul ...!! agak aneh pertanyaannya !! Ini ibarat cerita tentang GUS X anak seorang kyai terkenal. Konon dia nggak pernah belajar ttg kitab-kitab kuning, ilmu2 agama dsb ... suatu saat ketika diuji kepandaiannya mengalahkan orang yang belajar puluhan tahun di pesantren. Nggak ada hubungannya ya ... ?? :D itulah keunikan seseorang .. gak bisa digeneralisir bhw lulusan Ilmu Pasti (Teknik, MIPA, dsb) lebih mudah menguasai bhs pemrograman dibanding dari disiplin ilmu yg lainnya. Alangkah enaknya kalo kita menguasai ilmu laduny :lol:
user image
more 17 years ago

yayaretina

Ada dua orang yang mempunyai kemampuan yang sama, tetapi dari disiplin ilmu yang berbeda, Anggap si A dan si B, Si A adalah orang matematika yang ingin belajar bahasa pemrograman, sementara Si B anak STMIK yang ingin belajar ilmu matematika, Siapa kira-kira yang cepat menguasai ilmu yang dipelajari ?
diriku juga pnya pendapat sendiri siapakah yang cepat belajar.. cuma diriku pengen tahu.. apa ada maksud di balik petanyaan dirimu yang jelas-jelas kurang sekali informasi antara kedua person antara A dan B.. ya kalo si A punya komputer dan ya kalo si B nggak sibuk dengan mainan code2 yang bikin lupa makan..
user image
more 17 years ago

simba

Hehehe... ya begini ini kalo kita memberi penilaian dgn mengabaikan asumsi umum yg biasanya berlaku/terjadi. Gak akan pernah ada jawaban pasti memang, tapi berdasarkan asumsi umum akan ada jawaban yg bersifat "seharusnya". Kalo pada kenyataannya ternyata berbeda, pasti ada sesuatu yg terjadi di luar asumsi umum tsb. Tapi bukan berarti memaksakan asumsi "gak umum" itu sebagai asumsi umum krn ketidaksesuaian tsb. Nah... dgn asumsi umum: (1) mahasiswa yg kuliah di program studi tertentu seharusnya belajar dan menguasai bidang ilmunya, (2) berdasarkan kurikulum jurusan Matematika mengajarkan logika dan cara berpikir (algoritma) yg baik, sedangkan di STMIK adalah programming yg lebih bersifat praktis, dan (3) masing2 -si A dan si B- memiliki segala fasilitas pendukung belajar yg dibutuhkan (buku/pengajar, komputer, waktu, dlsb)... maka seharusnya si A (mhs Matematika) lebih mudah belajar bhs pemrograman daripada si B (mhs STMIK) yg belajar matematika. Ini karena fondasi ilmu si A lebih kuat dari si B, sebab basic science dari programming adalah matematika. Tapi sekali lagi, kesimpulan ini berdasarkan asumsi umum di atas, sedang pada kenyataannya memang gak selalu demikian krn banyak faktor dan alasan (seperti yg aku contohkan di posting sebelumnya). Saya bahkan punya rekan programmer yg kuliahnya di jurusan Peternakan, gak nyambung banget kan! :D
user image
more 17 years ago

jayadi888

gini aja, matematika itukan luaaaaaaaaaaaaaassssssssss banget cakupannya :D hebat kalau bisa menguasai matematika secara keseluruhan :D, ya paling cepet si A (walaupun gak semua ilmu mtk dikuasai tapi kan yang pasti di bisa menguasai operasi logika) kekekekekekeke
user image
more 17 years ago

deLogic

Kalo menurut saya sih tidak bisa dibandingkan, karena yang jadi pelaku adalah lebih dari 1 orang yang tingkat kemampuannya PASTI TIDAK SAMA. Setiap orang mempunyai kelebihan dan kelemahan, begitu juga tingkat kemampuan, misalnya intelejensia, emosi dan spiritual. Nah, kalo yang dibandingkan (sebagai permisalan) adalah 1 orang, misalnya jika si A yg background-nya math belajar pemrograman dibanding si A background IT belajar math.. nah cenderung lebih cepat mana..?? saya kira ini lebih menjawab, walaupun tetap tidak bisa dijadikan sebagai patokan / kecenderungan.
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com