Arsip: blob atau link?

 
user image
more 16 years ago

simba

Dalam penggunaan database, kita seringkali melibatkan data dgn tipe kompleks dan berukuran besar. Misalnya, ada kebutuhan untuk melibatkan data gambar, atau dokumen dalam format tertentu, atau struktur kompleks lainnya. Umumnya yg sering terjadi adalah kebutuhan untuk menyimpan gambar. Sebagian besar database engine telah memfasilitasi hal ini dgn menyediakan tipe data yg disebut dgn blob (binary large object). Dalam beberapa database engine malah menyediakan alternatif lain, misalnya yg disebut dgn clob (character large object). Dgn tipe data tsb, kita bisa menyimpan data yg kompleks dan berukuran besar. Namun, pada prakteknya, umumnya data yg membutuhkan tipe tsb adalah data2 yg asalnya berupa file. Biasanya berupa gambar (.jpg, .gif, dlsb) atau berupa dokumen berformat binary (.doc, .ppt, .zip, dlsb). Lalu, muncullah kebingungan... apakah file itu kita simpan sbg blob di database, atau file tsb kita letakkan di server dan cukup path (URL) lokasinya saja yg kita simpan di database. Tentu, setiap keputusan memiliki konsekuensinya masing2. Anda memilih yg mana? dan mengapa? ;)
user image
more 16 years ago

n3o_cybertech

link, lebih hemat ukuran DB.
user image
more 16 years ago

cyber_hecker

milih db. emang db jadi lebih gede, tapi kalo di manajemen dengan baik hasilnya gak mengecewakan kok. gak mau pake link karena harus sharing folder. repoood jack.. :P
user image
more 16 years ago

deLogic

Kalo saya tergantung kebutuhan, ada kalanya menggunakan blob, adakalanya menggunakan link. Untuk data yang terkait dengan file, saya cenderung menggunakan link, selain dapat untuk menghemat space di DB, manajemen penyimpanan file secara tersendiri yang baik dan terstruktur akan membantu ketika ingin mengakses secara langsung file - file tersebut (suatu saat pasti berguna). tinggal nanti disesuaikan mekanisme untuk load / save file berdasarkan link URL tersebut. Memang cara ini menimbulkan sedikit lebih banyak overhead dalam hal komunikasi data ketika mengakses file tersebut karena harus membuka dan berkomunikasi dengan protokol lainnya diluar DBServer, tapi menurut saya cukup worthed kok. @CH: pake link belum tentu harus sharing folder.. contohnya, kalo link nya menggunakan protokol FTP atau HTTP, atau menggunakan aplikasi kecil (app-server) sebagai jembatan load / save (streaming), dsb masih banyak cara bermain2 dengan link file dalam konteks ini... :)
user image
more 16 years ago

mambamaestro

kyaaaaa, kok tepat dengan yang sedang saya butuhkan. btw, saya lebih suka nyimpen path pada db, terus load jpg nya pake komunikasi lain (apa ya?) tapi karena sedang butuh cepet kelar, dan bos nyuruh nyimpen gambar di db (itu bos memang rada ga paham :mrgreen:), ya terpaksa nuruti deh :(. dgn mysql 5 saya ada masalah selalu error pas nyimpen gambar. tapi dengan Access aman2 aja pake komponen standar TDBImage. kalo terpaksa gak nemui jalan keluar, saya berencana yimpen gambar di msaccess, terus di mysql nya nyimpan id gambar aja. nah, demikianlah permsalahan saya para master. ada yang pernah mainan blob di mysql? trims.
user image
more 16 years ago

deLogic

@mambamaestro: main blob di mysql..? sering, bahkan nyimpen n load in-memory dataset nya client ke blob juga gak masalah, nah kalo timbul masalah berarti berarti ada yang salah pada kode Anda. Coba di-jlentreh-kan di thread terpisah...
more ...
  • Pages:
  • 1
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com