Arsip: Control Form

 
user image
more 11 years ago

natan_stmp

Salam buat para master semua... Saya mau bertanya tentang kontrol form. Saya ada bkin dua buah form, satu form sebagai aplikasi .exe nya dan form satu lagi saya bikin jadi .dll. Dari aplikasi .exe ketika diklik tombol button maka form yang kedua akan muncul dan itu sudah bisa dilakukan. Nah, permasalahannya adalah bagaimana cara nya menampilkan form .exe tersebut dari form .dll tadi yang sudah muncul? Ketika form kedua tersebut di close maka form yang ke satu akan muncul lagi. Dalam hal ini saya membuat aplikasi login (form1) jadi ketika tombol login di klik maka akan muncul form yang kedua. Dan ketika tombol logout (tombol logout ada di form 2) maka form login akan muncul kembali. Mohon bantuannya... thx. :oops:
user image
more 11 years ago

hendrang

@natan_stmp: Salam buat para master semua... Saya mau bertanya tentang kontrol form. Saya ada bkin dua buah form, satu form sebagai aplikasi .exe nya dan form satu lagi saya bikin jadi .dll. Dari aplikasi .exe ketika diklik tombol button maka form yang kedua akan muncul dan itu sudah bisa dilakukan. Nah, permasalahannya adalah bagaimana cara nya menampilkan form .exe tersebut dari form .dll tadi yang sudah muncul? Ketika form kedua tersebut di close maka form yang ke satu akan muncul lagi. Dalam hal ini saya membuat aplikasi login (form1) jadi ketika tombol login di klik maka akan muncul form yang kedua. Dan ketika tombol logout (tombol logout ada di form 2) maka form login akan muncul kembali. Mohon bantuannya... thx. :oops:
Apa ketika Form 2 (yg di DLL) di show, Form 1( Exe) menghilang ? Kalau menghilang apa sebelum menampilkan Form 2 (dll) ada perintah Hide untuk From 1 ?
user image
more 11 years ago

natan_stmp

Yup, betulll.. iyah ada seperti itu. Jadi ketika form 2 nya muncul maka form 1 itu aku hide. Tapi mski uda di hide tetep ja form 1 nya masih keliatan cm gk bisa diakses hny form 2 yg bisa diakses.
user image
more 11 years ago

hendrang

@natan_stmp: Yup, betulll.. iyah ada seperti itu. Jadi ketika form 2 nya muncul maka form 1 itu aku hide. Tapi mski uda di hide tetep ja form 1 nya masih keliatan cm gk bisa diakses hny form 2 yg bisa diakses.
Berarti Form2 di show pakai showmodal kan ? dan urutan code untuk menampilkan Form2 di Form1 apa spt ini : <function show form 2>; Form1.Hide; Kalau spt ini, coba ganti urutan code nya menjadi : Form1.Hide; <function show form 2>; Form1.Show;
user image
more 11 years ago

natan_stmp

Sudah bisa sekarang tetapi masih ada masalah nie.. Ikon aplikasi nya jadi tidak keliatan dan juga form nya gk bisa di minimize. Itu kenapa yah? Seperti berikut ini: http://share.delphi-id.org/tampil-20120731021313.icon.jpg
user image
more 11 years ago

hendrang

@natan_stmp: Sudah bisa sekarang tetapi masih ada masalah nie.. Ikon aplikasi nya jadi tidak keliatan dan juga form nya gk bisa di minimize. Itu kenapa yah? Seperti berikut ini: http://share.delphi-id.org/tampil-20120731021313.icon.jpg
Kalau tidak bisa di minimize coba cek property Form nya di BorderIcons.minimize , mungkin di set False. Icon aplikasi jadi tidak kelihatan, coba compile ulang lagi.
user image
more 11 years ago

natan_stmp

Untuk border icon semuanya aktif krn saya gk ada otak atik border iconnya. Enable juga kok ketika aplikasi dijalankan, kalau gk enable kan gk bisa diklik. Cuma ketika diklik aplikasinya gk bisa minimize kak. Untuk icon aplikasinya hanya muncul ketika form 1 nya muncul (show) sedangkan ketika form 2 yang show icon aplikasinya jadi tidak muncul di bar seperti di gambar tadi. Tetapi di bartitle nya tetep muncul.
user image
more 11 years ago

hendrang

@natan_stmp: Untuk border icon semuanya aktif krn saya gk ada otak atik border iconnya. Enable juga kok ketika aplikasi dijalankan, kalau gk enable kan gk bisa diklik. Cuma ketika diklik aplikasinya gk bisa minimize kak. Untuk icon aplikasinya hanya muncul ketika form 1 nya muncul (show) sedangkan ketika form 2 yang show icon aplikasinya jadi tidak muncul di bar seperti di gambar tadi. Tetapi di bartitle nya tetep muncul.
Icon Form2 (yg DLL) bawaannya memang bentuknya begitu, tidak bisa di utak-atik lagi, dan karena Form1 di Hide wkt Show Form2 makan Icon Form1 tidak kelihatan. Untuk Form2 yg tidak bisa di minimize coba periksa event2 dalam form2 apa ada event yang menghalagi Form2 tidk bisa diminimize ketika klik Minimize.
more ...
  • Pages:
  • 1
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com