Arsip: Tolong kasih pencerahan.......

 
user image
more 14 years ago

Zulkarnain

Hiii semuanya, gni aku dulu pernah bikin program pakai VB. Kemudian program yang sama aku bikin pakai delphi. yang jadi pertayaanku sekarang kenapa program hasil compiler delphi kapasitasnya lebih besar dari pada program lain (VB)?
user image
more 14 years ago

irosyidi

vb ada ketergantungan ama library...biasanya masih sangant tergantung ama file semacan ocx kalo delphi udah inckude, jadi exenya bisa runing tanpa library tambahan.... mungkin ada tambahan dari master2 laen???
user image
more 14 years ago

Manz

Kalau VB lebih kecil, karena dia tergantung sekali dengan berbagai macam function yang ada didalam msvbvmxx.dll, coba saja kalau anda buat instalasi dari program VB, program kecil aja bisa sampai 5x1.44MB. Betul sekali program VB setelah di compile kecil sekali, karena disana juga ada teknis executable compression yang dipergunakan untuk menolak reverse engineering, dan juga untuk masalah resource di compresi, apalagi bentuknya string. nah kalo delphi, dia dll nya / librarynya di include kedalam executable, jadi lebih simple. coba saja buat instalasinya, dan rasanya tanpa instalasi pun delphi bisa disebarluaskan dengan bebas dan gagah berani tanpa muncul error (kecuali untuk program database basis). Sama juga dengan VB , delphi mempunyai teknik compresi dan encryption untuk mencegah reverse engineering, tapi sayang di delphi untuk resource string terkadang tidak di compress. jadi ukuran filesizenya agak lebih gede. Tapi sekarang, gak perlu risau dengan media penyimpanan. yang penting DELPHI pada saat didistribusikan dan running dimana saja dengan GAGAH BERANI. VB pada saat didistribusikan dan running dimana saja, tergantung sekali dengan installer, apalagi kalo pake crystal report, itu bisa bikin repot kita sendiri kalo registry instalasi nya tidak berhasil... dan dijamin, VB berjalan dengan tertatih tatih karena ketergantungan "OBAT" dari dll dan resepnya di registri :mregreen: ... huehehehehehe belum lagi kompatibilitasnya :mrgreen: IMHO ini mah IMHO ajah ... bukan menjelekkan VB, karena gw juga dulu sebagai VBer sebelum pindah ke DELPHI :mrgreen:
user image
more 14 years ago

simba

1. File xxe output dari VB gak bisa berdiri sendiri, dia membutuhkan beberapa dll (vb runtime library) yg harus juga disertakan saat deployment aplikasi. Exe-nya sendiri mungkin lebih kecil, tapi "bawaannya" seringkali lumayan besar. Jadi, kalo itung2-an total ukuran file yg dibutuhkan, rasanya VB masih lebih besar. Ini berbeda dgn exe Delphi yg bisa benar2 single file, walaupun ukurannya jadi besar. 2. Default setting output exe di Delphi biasanya menyertakan juga debug info, yg dibutuhkan untuk proses debugging. Tapi kalo aplikasi udah ready buat di-deploy, buang saja debug info ini. Lihat setting Project Options tab Linker box EXE and DLL Options, matikan check box Include TD32 Debug Info. 3. Gunakan runtime package. Tapi masalah seperti no. 1 akan muncul, Anda harus menyertakan runtime package yg dibutuhkan saat deployment aplikasi. 4. Gunakan winAPI. Salah satu faktor yg membuat exe Delphi jadi besar adalah kode2 class visual (TObject, TForm, TDataModule, dlsb, dst). Class2 tsb jelas sangat membantu dan memudahkan saat proses (visual) development. Tapi kalo memang faktor ukuran exe jadi pertimbangan utama, ya jgn gunakan class2 itu, dan Anda harus siap menerima konsekuensi koding non-visual dan non-OOP. 5. Gunakan class alternatif (tanpa harus repot dgn winAPI) yg output exe-nya lebih kecil. Yg terkenal adalah KOL (Key Object Library). Saya gak pernah pake ini -juga gak berminat- jadi saya gak bisa cerita banyak. Informasi lebih lanjut ttg KOL, bisa dibaca di http://kolmck.net/ Topik serupa pernah dibahas disini: http://www.delphifaq.com/faq/delphi/delphi_ide/f167.shtml http://www.experts-exchange.com/Programming/Programming_Languages/Delphi/Q_20853506.html Kalo saya pribadi sih, cuman selisih beberapa ratus KB rasanya gak masalah. Toh ukuran HD sekarang udah menyentuh orde ratusan GB. Rasanya kok gak sebanding mengorbankan kemudahan development sekedar untuk ukuran file exe yg lebih kecil. Tapi bisa jadi memang ada pertimbangan/kebutuhan khusus yg saya gak tau. HTH.
user image
more 14 years ago

xerion

Aplikasi hasil kompile VB memang kecil karena program tersebut sudah mempunyai RTL sendiri a.k.a msvbvm60.dll sebagai virtual machinenya. Setiap aplikasi vb pasti import control dari file ocx atau vbx. dengan kata lain program vb membutuhkan banyak file external untuk bisa berjalan. Itulah sebabnya vb ukuran kompilasinya kecil tetapi msvbvm60.dll ukurannya mencapai 1.94MB .... Program hasil kompilasi MSVC++ juga membutuhkan runtime library kalau tidak salah namanya msvcrt.dll. Jadi tiap distribusi aplikasi jangan melupakan RTL-nya. Setiap compiler yang juga menyediakan visual development atau RAD pasti membutuhkan run time library ... Untuk delphi, ukuran hasil kompilasi yang besar >400kb itu karena aplikasi hasil compile VCL dan RTL delphi dimasukkan kedalam exe. Tapi jika ingin ukuran exe delphi menjadi kecil, anda bisa mengkompile dengan rtl setiap package vcl. Ukuran exe akan menjadi kecil dan bisa disamakan dengan program hasil kompilasi vb. Coba saja lihat di %sysdir% maka anda akan menemukan RTLxx.bpl dan VCLxx.bpl. Itu adalah run time standart nya delphi. xx adalah versi delphi yang anda gunakan misal vcl70.bpl atau rtl70.bpl untuk delphi 7. Kalau exe delphi sudah dipisah dengan rtl-nya maka setiap distribusi program delphi harus menyertakan rtlnya juga kecuali penerima sudah punya. Dengan begitu kan bisa menghemat tempat dan waktu download ... Masalahnya karena vb dan msvc++ itu dibuat oleh microsoft maka tiap installasi windows terutama di xp maka sudah ada secara default msvbvm60.dll dan msvcrt.dll di folder system sehingga tiap program vb tidak perlu mencari lagi file rtlnya. Kalau untuk delphi , microsoft mana ada menyediakan runtime buat delphi di windows. Bisa dilakukan manual dengan mengcopy rtl70.bpl dan vcl70.bpl ke folder sistem. Untuk memudahkan maka rtl dan vcl delphi disatukan dengan exe-nya. untuk delphi dotNET, ukuran exe memang lebih kecil dibandingkan delphi Win32 tetapi kan harus menginstall dotNet FrameWork supaya bisa berjalan. Pilih yang mana hayo ...... Kalau memang ingin ukuran EXE yang kecil, seperti yang sudah dikatakan mas simba ada beberapa cara supaya program hasil kompilasi delphi menjadi lebih kecil : 1. Gunakan Windows API dalam membuat aplikasi dengan delphi. Mungkin lebih susah dibandingkan VCL apa salahnya dulu kan delphi asalnya dari bahasa pascal yang membuat program masih dengan WindowsAPI atau ObjectWindows. Atau dengan KOL jga disarankan jika anda memang menginginkan program delphi yang super slim ... 2. Jika cara pertama terlalu rumit buat anda maka anda bisa menggunakan EXE packers seperti www.upx.sf.net. Aplikasi hasil kompilasi delphi bakalan nyusut sampai dgn 30-70% ! 3. Membuat aplikasi CLI juga kecil. Misalnya aplikasi anda bisa menerima input hanya berupa text dan aplikasi anda diperuntukan untuk menampilkan string "Hello, world !" 4. Mencoba kompiler lainnya selain visual development. tentu saja kemudahan seperti RAD sekarang belum tentu bisa anda dapatkan ...
user image
more 14 years ago

Manz

Nah lho ...om Zul... udah pada keluar tuh dewa dewa delphi nya .... kalo masih belon ngerti ... ngacunggggg :mrgreen:
user image
more 14 years ago

abad21

Betul kata mas xerion klo merasa terlalu rumit pake aja EXE packers. Sedikit referensi coba gunakan ASPack.exe (www.aspack.com), lumayan lah file hasil compile delphi bisa nyusut sampe 70%...
more ...
  • Pages:
  • 1
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com