Arsip: Koneksi ke Mysql tanpa komponen vcl

 
user image
more 15 years ago

rusli_chow

Rekan delphier, code untuk menghubungkan delphi dengan mysql secara langsung gimana ya ? Maksudnya tanpa pake MyDac, MysqlDac, Zeos , dll. Atau klu gak ada, gimana perintahnya supaya komputer client hanya perlu install odbc tapi gak usa setting lagi. Maunya sih semua settinganya dibuat di code program. Jadi saat program dijalankan, Program otomatis terhubung ke MySQL.
user image
more 15 years ago

DelphiExpert

minimal harus ada libmysql?.dll - kemudian anda harus membuat binding procedures api call ke libmysql.dll jika menggunakan ODBC, ada banyak artikel yg menerangkan cara membuat ODBC connection secara coding, namun; libmysql?.dll tetap harus anda install (copy)
user image
more 15 years ago

simba

Koneksi ke database engine (apa pun), tanpa adanya client library, tanpa ODBC, sebenarnya bisa aja. Syaratnya, Anda harus tau format data dan protokol komunikasi dgn server database tsb. Kalo udah tau, langsung tembak ke server dgn mekanisme raw TCP/IP. Tapi itu gak mudah serta juga gak efisien dan gak efektif. Kalo ada perubahan pada format data dan protokol (krn upgrade db server ke versi yg lebih baru, misalnya), maka program Anda pun harus menyesuaikan. Nah, disinilah fungsi client library sbg API (application programming interface). ;)
user image
more 15 years ago

herux

menyambung : Jadi langkah terbaik adalah gunakan Mysql API. selengkapnya silakan baca http://dev.mysql.com/doc/
user image
more 15 years ago

deLogic

kalo hanya untuk pembuatan koneksi, bisa dilakukan seperti yang diungkapkan rekan2 sebelumnya (sudah keliatan repot-nya), tapi bagaimana jika ingin menyambungkannya dengan TDataSet atau turunannya? Ini jelas lebih merepotkan, Anda harus membuat sendiri wrapper berbagai fungsi dan property agar kompatibel dengan TDataSet. Untuk menggunakan ODBC, tetap saja harus ada beberapa konfigurasi yang di-atur, tapi pengaturan tetap bisa dilakukan via program. Silahkan googling untuk setting ODBC. btw kalo boleh tau, apa alasan ANda ingin menghubungkan MySQL secara langsung?
user image
more 15 years ago

rusli_chow

Alasan saya supaya client gak perlu pusing2 dengan settingnya lagi. Jadi tinggal copy / install program kita, langsung pakai.
user image
more 15 years ago

deLogic

pilih VCL yang mempunyai koneksi ke database tersebut secara native, kemudian sertakan libmysql?.dll pada saat instalasi / copy. jika tidak ingin copy file secara 'rentengan / eceran <?>', bisa aja sertakan libmysql?.dll sebagai resource, dan ekstrak file tersebut pada saat aplikasi di-inisialisasi.
user image
more 15 years ago

DelphiExpert

bagian ini pekerjaan saat installer (delploy client libraries, create settings dll) ...
more ...
  • Pages:
  • 1
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com