Arsip: Firebird Embedded?

 
user image
more 17 years ago

deepblue

Hi semua.. Mau nanya.. Gimana pake firebird yang embedded? Saya uda coba pake komponen UIB. Dan saya gak install Firebird yang versi non-embedded. Saya kopiin file fbembed.dll, firebird.conf, firebird.msg dan fire ke direktori projectnya. Lalu ketika design, saya mau aktifkan komponent DataSet ada muncul error "Dynamic SQL Error SQL error code = -104 Unexpected end of command can't format message 13:896 -- message file C:\Program Files\Borland\Delphi7\Bin\firebird.msg not found Error Code: 249." Saya simpulkan bahwa file firebird.msg tidak ada, tetapi gak nyari dulu di direktori projectnya yach? Apa ada konfigurasinya lagi? Mungkin rekan2 ada mengalaminya. Mohon Pencerahannya. Trims.. :)
user image
more 17 years ago

earone

rename fbembed.dll menjadi fbclient.dll. di aplikasi Tips Explorer 2007 yg saya buat juga menggunakan FB embedded. disana saya memeriksa dahulu apakah di PC sudah menjalankan service FB server. Bila belum, program saat run time akan merubah nama fbembed.dll menjadi fbclient.dll. kemudian saat program ditutup, file tersebut akan di-rename kembali seperti semula. ini thread Tips Explorer 2007 http://pascal-id.org/dpr/index.php?name=PNphpBB2&file=viewtopic&t=1258&start=0&postdays=0&postorder=asc&highlight=
user image
more 17 years ago

putukaca

mumpung bahas firebird saya mo nyanya. ketika membuat data base pake firebird ada tulisan domain diatas tables. ini buat apa ya? mas earone bisa ga kasi contoh koneksi ke database embedded. dimana cai tutorial tentang firebird
user image
more 17 years ago

_lmz

@deepblue: UIBDatabase secara default akan mencari library firebird. Apabila library anda namanya lain (misalnya "fbembed.dll" :)), maka ada property LibraryName. @putukaca: DOMAIN adalah seperti subtype di pascal. Misal:

type
  SmallNumber = 0..9;
Kalau nantinya kita bikin variabel dengan tipe SmallNumber maka pasti ada tipe dasarnya (mungkin byte atau integer), tapi ada juga ceknya bahwa nilai yang dimasukkan harus dalam range 0 sampai 9. Begitu juga dengan domain, domain membuat tipe baru berdasarkan sebuah tipe dasar dan anda dapat menambahkan nilai default untuk tipe itu dan constraint tersendiri untuk tipe itu:

CREATE DOMAIN CUSTNO
  AS INTEGER
  DEFAULT 9999
  CHECK (VALUE > 1000);
Selanjutnya tipe domain anda dapat digunakan seperti tipe data lainnya (misal untuk tipe kolom), sehingga tidak perlu memasukkan kembali nilai default dan constraint untuk tipe data itu.

CREATE DOMAIN USERNAME AS VARCHAR(20)
  DEFAULT USER;
CREATE TABLE ORDERS (ORDER_DATE DATE, ENTERED_BY USERNAME,
  ORDER_AMT DECIMAL(8,2));
Kalau tutorial firebird saya tidak tahu letaknya (google aja?), tapi untuk dokumentasi dapat dilihat dari dokumentasi Interbase 6 (lihat http://www.firebirdsql.org/index.php?op=doc&id=userdoc). contoh-contoh di atas diambil dari doc IB6 juga (langref.pdf, bagian "SQL Statement and Function Reference").
more ...
  • Pages:
  • 1
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com