Arsip: teori interfacing dengan pararell port

 
user image
more 13 years ago

chandra

Beberapa waktu yang lalu saya pernah mendapatkan tugas untuk membaca hasil lab yang dikeluarkan oleh sebuah mesin medis. Mesin itu terhubung ke sebuah komputer (komputer vendor), sehingga saya tinggal menghubungkan komputer saya (server kecil) ke komputer vendor. Saat itu saya menggunakan component serversocket. Kali ini saya mendapat tugas yang hampir mirip. Jika pada kasus di atas server kecil bisa berhubungan dengan komputer vendor karena terhubung lewat kabel TCP/IP, kali ini server kecil harus berhubungan langsung dengan alat medis yang lain. Alat medis ini menyediakan port berupa pararell port. Yang ingin saya tanyakan : Apakah kabel pararell port yang digunakan oleh tiap - tiap device yang ingin kita hubungkan ke komputer mempunyai konfigurasi yang berbeda - beda untuk tiap device? Bagaimana teori untuk membaca output dari alat medis tersebut, data yang saya dapatkan dari pihak vendor baru berupa baud rate dan parity saja. Saya juga sudah search di forum ini untuk memecahkan kasus ini, tapi semuanya belum jelas. Terakhir saya download comport 3.1, saya ambil samplenya tapi belum saya implementasikan karena ragu apakah perlu kabel dengan konfifurasi khusus pada saat implementasinya. Mohon bantuannya.
user image
more 13 years ago

andriansah

setahu saya parallel port itu tidak mempunyai baud rate apalagi parity, bisa jadi itu adalah serial port, karena serial port tidak harus db9 tapi ada juga yang menggunakan konektor db25 seperti halnya parallel port, harus di pastikan dulu apakah itu konektor rs232 atau parallel port.
user image
more 13 years ago

chandra

Sori kyknya bener d itu RS232C 25 ports. Apakah itu serial port? Trus apalagi yang harus saya lakukan?
user image
more 13 years ago

andriansah

cari tau protokol paket data yang di keluarkan oleh device tersebut seperti apa..., kalo sudah ketemu baca oleh delphi menggunakan komponen tcomport atau synaser atau yg lainnya kemudian ambil informasi yang di perlukan dari paket yg di kirim tadi dengan cara (biasanya) melalui parsing paket data menjadi bagian2 data yg informatif.
user image
more 13 years ago

chandra

protokol, hmmm rada bingung tapi biar nanti saya cari dulu d, nanti post lagi kalo ada perkembangan
user image
more 13 years ago

snip3r

Apakah device tersebut tidak memiliki dokumentasi pendukung seprerti SDK?
user image
more 13 years ago

crazy_einstein01

@andriansah: setahu saya parallel port itu tidak mempunyai baud rate apalagi parity, bisa jadi itu adalah sial port, karena sial port tidak harus db9 tapi ada juga yang menggunakan konektor db25 seperti halnya parallel port, harus di pastikan dulu apakah itu konektor rs232 atau parallel port.
:) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) :) wah ada tambahan ilmu baru nih..... klo selama ini yang saya pelajari interfacing make port DB25 klo port serial rs232 25 pin belom pernah.... Klo perintah di delphi untuk interfacing make port parallel DB25 saya biasanya make perintah ini Var Data:Byte; begin Asm mov dx,$37A {Mengaktifkan Port Paralell Bidirectional Mode} Mov al,32d {Mode Bidirectional pada SPP} Out dx,al {Membuat nilai Bit ke 5 Aktif} ; Mov dx,$378 {Mengakses Port Printer alamat Default 378H} in al,dx mov data,al {Mengisi Port Printer dengan data} //////////////////////////////////////Klo make port serial perintahnya lain lagi///////// asm mov dx,base+lcr; {address line control register} mov al,$80; {10000000b = access bit divisor lacht} out dx,al; mov dx,base+dll; {address divisor lacht low byte} mov al,$60; {DLLB = 60h} out dx,al; mov dx,base+dlh; {address divisor lacht high byte} mov al,$00 ; {DLLH = 00h} out dx,al; {In this case Port serial has a baud rate = 9600 bps} mov dx,base+lcr;{address line control register} mov al,$03 ; {00000011b =} out dx,al ; {bit 7=0, access to Rx buffer & Tx ; {bit 6=0, set break disable ; {bit 5-4-3=000, no parity ; {bit 2=0, one stop bit ; {bit 1-0=11,data lenght 8 bit} /////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////// Maaf klo salah bro, maklum masih tahap belajar
user image
more 13 years ago

mas_kofa

@crazy_einstein01 apakah coding anda diatas udah pernah dicoba di winxp?? gmn hasilnya...???
user image
more 13 years ago

crazy_einstein01

@mas_kofa: @crazy_einstein01 apakah coding anda diatas udah pernah dicoba di winxp?? gmn hasilnya...???
@ mas kofa coding diatas memanga awalnya untuk di win me kebawah. untuk di win xp alamat port motherboard di bongkar dulu make userport.sys..... cari aja di google komponen userport.sys trus di copy ke driver d system32 windows. saya ada komponen plus soft aplikasinya cuma gak th cara postingnya gimana :) :) :) :) :) alhamdulillah berhasil...... bisa untuk jalanin Led, Muter motor stapper sama kendali lewat ADC dan DAC
user image
more 13 years ago

jancky

kan kalau nggak salah udah sering dibahas ya..(yang masalah nggak bisa di win XP). Pakai aja fungsi dari inpout32.dll (www.logix4u.net) atau io.dll (www.programmersheaven.com)
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com