Arsip: scrollbox

 
user image
more 16 years ago

newbiez

hi salam kenal saya seorang pemula banget nih yang sedang mendalami delphi, sekarang saya lagi iseng2 bikin program sederhana cuma saya kesulitan nih, ada yang bisa bantu nggak ya! begini saya ingin nampilin form dalam sebuah scrollbox dengan perintah form1 := Tform1.Create(self); form1.Parent := layar; form1.BorderStyle := bsnone; form1.WindowState := wsmaximized; form1.Visible := True; dan bisa, tapi jika ukuran formnya lebih besar dari scrollboxnya, scrollbar horizontal ataupn vertikalnya nggak mau keluar jadi formnya kepotong deh. ada yang bisa bantu nggak ya kenapa koq bisa gitu??? plzz. mohon pencerahannya ya. :lol: thanks B4.
user image
more 16 years ago

belajaraja

Salam, Pertmana karena form1.BorderStyle := bsnone; jadi form nya tidak bisa di perbesar atau di perkecil. Coba waktu sebelum di run layout form nya di maximized kan dulu baru di run. Kedua coba perkecil ukuran grid nya, biar scroll nya bisa kelihatan. Mungkin alternatif pertama lebih baik dari yang kedua. Mohon maaf apabila salah. Terima kasih
user image
more 16 years ago

newbiez

udah di coba masih nggak bisa tuh! dan kalo pake maximize ketika form utama di resize khan jadi nggak kelihatan form yang di scrollbox..mohon bantuannya ya?? :)
user image
more 16 years ago

belajaraja

Salam apa maksud mas adalah menampilkan sebuah form dalam form yang sedang dibuka ?? Terima kasih
user image
more 16 years ago

bagussb

kemungkinan karena windowstatenya anda set menjadi maximized, karena kalo statusnya seperti itu ukuran formnya kan diset sama dengan parent nya coba codingnya dikurangin jadi seperti ini :
with TForm1.Create(self) do
  begin
    Parent := layar;
    BorderStyle := bsNone;
    Visible := True;
  end;
btw.. di scrollboxnya property untuk horiz and vert nya jangan lupa visiblenya harus true :mrgreen:
user image
more 16 years ago

newbiez

maksudnya gini mas, jadi di dalam form utama terdapat scrollbox terus ada button yang memanggil procedure yang nampili form kedua kedalam scrollbox tadi. trus aku udah coba cara yang dikasih ama mas bagussb tapi tetep nggak berhasil. jadi pusing nih! :?
user image
more 16 years ago

jrp

Agak OOT tapi mungkin bisa memberi ide... Mengapa anda tidak gunakan Frame saja? Atau jika pingin form dalam form yang eksplisit, gunakan paket komponen JVCL. Disitu ada komponen embedded form. Secara fungsional keduanya mirip dengan form dalam scrollbox. jrp
user image
more 16 years ago

simba

Trik lama. :D Property AutoScroll di ScrollBox-nya udah true belom? Aku nyobain di Lazarus, jalan tuh. Harusnya di Delphi juga bisa. ;)
user image
more 16 years ago

bagussb

wah.. yakin nih ga jalan bro.. saya test kok jalan yah.. mungkin bener kata @simba, check lagi property scrollboxnya.. :mrgreen:
user image
more 16 years ago

Starboard

:D Aku nyoba bisa kok bro, Horizontal Vertical keluar.
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com