Arsip: Undo dan Redo di Delphi

 
user image
more 9 years ago

dadanarifin

Halo Semua Rekan" Delphi-id... Saya ada kesulitan nih... Ketika Saya Sudah Menyimpan/Mengupdate/Mendelete (Insert,Update,Delete )data di suatu database... saya sulit untuk melakukan undo atau redo.. dI applikasi yang saya buat dengan menggunakan DELPHI Ada yang bisa memberikan solusi. Mohon Bantuannya...... Terima Kasih...
user image
more 9 years ago

LuriDarmawan

kalo ga salah inget, gimana kalo pake fitur/syntax: START TRANSACTION, COMMIT, dan ROLLBACK cmiiw
user image
more 9 years ago

LuriDarmawan

oiyaa... tp tergantung dari database yg digunakan yaaa.... yg ini kalo ga salah syntax dari MySQL
user image
more 9 years ago

cyber_hecker

kalo saya menggunakan mssql dan ado, bisa menggunakan cache update.
user image
more 9 years ago

dadanarifin

@LuriDarmawan: kalo ga salah inget, gimana kalo pake fitur/syntax: START TRANSACTION, COMMIT, dan ROLLBACK
apakah yang dimaksud Mas LuriDarmawan BeginTrans, CommitTrans, RollBackTrans pengalaman saya fungsi ini membatalkan semua transaksi yang belum di COMMIT.. dan ketika sudah di COMMIT fungsi ROLLBACK gk bisa digunakan Yang saya ingin pecahkan adalah.. Bagaimana cara mengembalikan transaksi yang sudah di COMMIT. dan untuk lebih selanjutnya.. saya ingin menggunakan logika yang digunakan oleh excel.. seperti fungsi undo yang terus menerus dan redo yang terus menerus jg.. alias transaksi yang silakukan oleh undo dan redo .. satu langka-satu langkah..
user image
more 9 years ago

deLogic

@dadanarifin: bisa saja itu dilakukan, salah satunya adalah Anda harus menyimpan semua perintah yang dilaksanakan (insert / update / delete beserta informasi detilnya, Anda bisa menyimpannya di tabel khusus. Misalkan Ada insert record pada tabel A. Maka Anda harus simpan record id / primary key tersebut untuk kemudian, apabila ingin di undo, Anda tinggal lakukan delete berdasarkan record id tsb. Jika pd tabel tsb tidak menggunakan record id atau primary key, maka Anda harus simpan semua detil field pd tabel tsb (atau field seperlunya saja) agar dapat digunakan sebagai pengenal pada saat undo (hapus) Demikian pula dengan update, Anda harus menyimpan semua field pada record yg di update, sehingga pada saat undo, Anda dapat mengembalikan isi record tsb secara utuh. Cara termudah untuk menyimpan isi record tsb adalah dengan menggunakan trigger. Untuk sintaks lainnya, struktur tabel 'history', penempatan & sintaks trigger, silahkan di-eksplore lebih jauh.
user image
more 9 years ago

dadanarifin

@deLogic betul sekali... logika deLogic.. saya pernah menggunakan 4 Tabel 1. tabel utama = untuk tabel utama memiliki Forenkey dari tabel add, edit, dan delete 2. tabel temp add = untuk transaksi tambah 3. tabel temp edit/update = untuk transaksi edit/update 4. Tabel temp delete = untuk transaksi delete yang saya gerakan adalah tabel utama... dan ketika applikasi di close semua transaksi di tabel tersebut di COMMIT Saya bisa menggunakannya... dan permasalahannya ketika saya Melakukan Redo.. Transaksi/koding yang saya gunakan mendapat hambatan.. "Alias Tidak Berhasil" :lol: Kurang Lebih seperti itu kronologinya .. maklum saya orangnya suka penasaran... hihihihihihihih :lol: sebelumnya terimakasih atas masukan"nya..
user image
more 9 years ago

deLogic

tidak berhasilnya itu seperti apa, apa ada pesan kesalahan, atau gimana ?
user image
more 9 years ago

dadanarifin

@deLogic: tidak berhasilnya itu seperti apa, apa ada pesan kesalahan, atau gimana ?
logikanya gini mas deLogic... saya menggunakannya hanya Undo.. dalam artian. saya melakukan undo. terus isi record dari tabel temp...add/update/delete saya hapus.. coz saya agak kesulitan saat menyimpan semua transaksi di setiap record tersebut jika tidak d hapus..
user image
more 9 years ago

dadanarifin

tapi mungkin mungkin logika ini bisa saya coba y.. isi field add misalnya kd | bla bla.....| simpan ... ....... .... ....... 1 ... ....... .... ....... 0 artinya jika field simpan bernilai 1 maka boleh saya simpan, sebaliknya jika bernilai 0 maka tidak disimpan.. jadi setiap menggunakan undo field simpan saya ganti jadi 0 dan saat redo field simpan saya ganti jadi 1...

looping row_awal s/d row_akhir
  jika field_simpan = 1 
     maka proses simpan dilakukan
  dan jika field_simpan = 0 
     maka proses simpan tidak dilakukan
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com