Mengenal PASCALABC.NET


by simba in more 3 years ago 4156
Acara akhir pekan kali ini adalah ngoprek Pascal ABC .Net di Windows. Sekilas buka contoh-contoh programnya, ini bakalan lebih menarik dari Delphi. Tak disangka fiturnya cukup keren dan canggih disertai IDE yg sederhana dan ringan, juga kencang.
Dialek Pascal-nya juga masih cukup sederhana namun menyediakan banyak fitur baru yg menarik (terutama dari dunia .Net), walaupun beberapa hal masih bisa diperdebatkan. Secara umum, memang cocok sebagai alat edukasi. Pantas cukup terkenal di Rusia dan sekitarnya.
Dan itu juga yg jadi masalah utama dari alat Pascal yg satu ini, yaitu bahasa. Dokumentasi utamanya (sementara ini) ditulis hanya dalam bahasa Rusia. Untunglah sudah ada Google Translate sehingga kita bisa membacanya dalam bahasa lain. Berikut terjemahannya dalam bahasa Inggris: Terjemahan
Pascal ABC dibuat oleh akademisi Rusia sehingga memang lebih fokus ke edukasi dan riset. Namun itu tidak mengurangi kecanggihan Pascal ABC. Beberapa hal yg bisa kita lakukan, antara lain: - membuat aplikasi CLI dengan unit CRT, - membuat aplikasi GUI dgn RAD ala Delphi/Lazarus, - membuat aplikasi grafis baik visualisasi 2D atau 3D dengan dukungan OpenGL dan OpenCL, - membuat aplikasi numerik dan matematis, - dan masih banyak lainnya.
Sementara tampaknya belum ada dukungan serius untuk membuat aplikasi web. Pascal ABC lebih fokus pada aplikasi desktop yg lokal dan luring (offline). Contoh-contoh program yg disertakan sangat menarik, seperti dalam gambar di bawah ini. Ah, masih banyak hal yg perlu ditilik lebih lanjut dari alat satu ini.
Yang jelas, Pascal ABC jauh lebih baik daripada Turbo Pascal. Juga lebih cocok digunakan sebagai alat pendidikan pemrograman daripada Turbo Pascal, apalagi yg membuat juga akademisi. Bagi pemula sangat bagus karena tetap sederhana dan ringan tapi kemampuan sudah modern. Seharusnya kampus di sini gunakan ini daripada Turbo Pascal.
Mari kita lanjut ngoprek...
Sumber: Facebook Group Pascal Indonesia
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com