Arsip: Asosiasi Pengembang Software Indonesia, alternatif


by LuriDarmawan in Articles more 12 years ago 2391
(copy-paste mentah mentah dari posting rekan saya di ikc)

Apakah ada yang tertarik membuat asosiasi pengembang software yang orientasinya lebih ke peningkatan kualitas SDM pengembang software, pengembangan kurikulum standard supaya SDM kita bisa go internasional, koordinasi bisnis antar software house muda, atau kalau perlu bikin standard level CMM lokal, etc.
Kebanyakan asosiasi software yang ada di Indonesia saat ini tidak menyentuh sisi ini dan lebih diorientasikan ke pengusaha dan bisnisnya, bukan di kualitas SDM dan karya pengembang.
Di lain sisi, universitas juga tidak terlalu agresif memecahkan masalah ini karena dunia akademisi “kehilangan link” dengan dunia industri. Ini membawa implikasi ke dosen dan mahasiswa Indonesia yang tidak banyak berkesempatan bermain di industri praktis pengembangan software.

Meskipun jumlah pengembang profesional Indonesia sampai tahun ini tercatat 56.500 dan akan terus berkembang hingga mencapai 71.600 sampai tahun 2008, produksi software kita jauh di bawah Malaysia dan Singapore yang jumlah developernya cuman seperempat SDM kita. SDM kita memiliki keterbatasan pengetahuan dalam software development, tentang standard methodology (kebanyakan menggunakan hajar bleh methodology), sehingga begitu sotware diukur dari seluruh proses Software Development Life Cycle (SDLC)nya, kita kedodoran dan kalah bersaing.

Jujur saja, saya agak kesulitan mensosialisasi masalah-masalah seperti ini ke asosiasi software yang ada di Indonesia karena mereka sulit dijangkau, sudah terlalu kuat, merasa stabil, sehingga maaf kadang agak “lamban” bergerak.

Kini sudah ratusan pergerakan-pergerakan kecil dilakukan teman-teman di berbagai komunitas pengembang, dalam bentuk knowledge sharing, membuat ebook gratis, workshop komunitas, dsb. Saya yakin ini semua bisa jadi modal sangat baik membangun Asosiasi Pengembang Software Indonesia (APSI) atau Asosiasi Pengembang Perangkat Lunak Indonesia (APPLI) atau apalah namanya Ditambah juga banyak experience teman-teman yang sudah merajalela di Singapore, Eropa, Amerika, Jepang, dsb. Jadi nanti kita tinggal gabungkan saja pergerakan-pergerakan kecil kita selama ini untuk kita mainkan ke yang lebih formal di level nasional.

Membernya nanti bisa individu, komunitas, atau perusahaan. Namanya bisa APSI atau APPLI, terserah syuro saja ;)

Ada yang tertarik diskusi ini?:)
yang tertarik boleh tancap langsung ke :
http://delphi-id.org/dpr/Forum-viewtopic-t-4797.pas

referensi:
http://romisatriawahono.net/2008/02/13/asosiasi-pengembang-software-indonesia/

Tetap SemangaT!
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com