Tentang Turbo Pascal


by LuriDarmawan in more 9 months ago 3593
Turbo Pascal adalah produk jadul (jaman dulu) yg sudah mati. TP terakhir (versi 7) dibuat pada tahun 1992 untuk DOS 16 bit. Sistem operasi komputer modern hari ini sebagian besar telah 64 bit dan sudah tidak mendukung program 16 bit. Sebagai produk mati, TP tidak lagi digunakan di industri perangkat lunak dan sebagian konsep bahasanya sudah tidak berlaku lagi.
Sebagai penggantinya, gunakanlah compiler Pascal modern yg masih terus dikembangkan, antara lain: - umum: Free Pascal, Delphi, Oxygene, P5 (ISO), Vector Pascal. - mobile: MIDlet Pascal, PascalGUI. - web: Smart Pascal, Morfik. - embedded: mikroPascal, AVRco Pascal, Turbo51, PIC Micro Pascal, PP Compiler.

Apa salahnya belajar dasar-dasar bahasa Pascal menggunakan TP?

Sebagai produk jadul yg sudah mati, teknologi dan bahasa yg digunakan TP sudah usang dan tidak berlaku lagi di bahasa Pascal modern. Yg masih belajar bahasa TP justru akan terjebak pada konsep dan paradigma yg salah terhadap bahasa Pascal modern. Dan ini akan berakibat buruk pada citra bahasa Pascal modern yg tentunya tidak kita inginkan. Beberapa batasan TP antara lain: - ukuran data program maksimal 64 kb. - panjang string maksimum hanya 255 karakter. - string belum mendukung unicode (seperti emoji). - program hanya dapat bekerja di DOS (memerlukan DOS emulator seperti DOSBOX untuk berjalan di sistem operasi modern). - belum sepenuhnya mendukung OOP. - belum mengenal fitur bahasa modern seperti generics, class/type helper, anonymous function, dsb. - editor berbasis teks yg terbatas. - dan masih banyak lainnya.
Ingat,
pascal ≠ turbo pascal
Jadi, lupakan Turbo Pascal dan gunakan Pascal modern seperti Free Pascal, Delphi, Oxygene, dan Smart Pascal.
Sumber: Facebook Group Pascal Indonesia
Baca juga The Big Five of Modern Pascal
Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com