Arsip: Epson LQ1150 custom paper size

 
user image
more 13 years ago

_lmz

Hai, aku lagi bikin cetak nota untuk printer-printer epson, ukurannya adalah 1/3 tingginya kertas A4. Aku sudah search dan lihat jawaban standard (use TRawPrinter) :) tapi aku sebetulnya tidak buat dengan delphi, bukan di windows lagi... Jadi aku tanya aja... Code yang untuk LX300 (9pin esc/p) sudah jalan dengan baik, posisinya pas, auto tear offnya jalan (dikasih formfeed dia maju, terus mundur laginya pas). Untuk set paper lengthnya aku pakai ESC 3 (set n/216" spacing) untuk set spacing yang tepat (habis membagi paper length) terus ESC C (set paper length in lines). Baru aku kembalikan lagi dengan ESC 2 (1/6" line spacing). Nah ini yang untuk ESC/P2 kok aneh, code yang di atas aku modifikasi dengan ESC + (n/360" linespacing), set bottom margin (ESC N) 0 tapi dia kalau di formfeed bisa keluar lebih dari ukuran semestinya. Apa dia pakai "paper size for tractor" yang di default settings (sekarang aku set 3 2/3") meskipun sudah diset dengan ESC C? Aku coba juga dengan perintah ESC/P2 yang "ESC ( U" (set unit), lalu "ESC ( C" (set page length in units), dan "ESC ( c" (set top & bottom margin) tetap gitu juga. Nah, aku lihat yang di TRawPrinter gak ada set page length sama sekali, tapi dia hitung jumlah line di codenya. Apa lebih baik cara ini saja, jadi aku set aja "paper size for tractor" nya jadi panjang atau kira2 A4 terus aku majukan print headnya manual sampai top of form berikutnya dengan kirim CRLF gitu? Juga tanya untuk yang di windows xp aku coba install driver LQ1150 ini kok gak ada custom paper size ya di printer propertiesnya, padahal aku mau arahkan ke file untuk lihat codenya dia. Seingatku dulu aku punya LQ1170 bisa set paper size. Apa perlu aku edit .GPD nya?
user image
more 13 years ago

_lmz

Hmm kalau untuk set paper sizenya ternyata lewat server properties. Aneh2 aja nih... Ternyata di windows masih salah juga ukurannya. coba aku kembalikan dulu ke 11" tractor paper sizenya
user image
more 13 years ago

simba

Errr... TRawPrinter yg kamu pake versi siapa? Ada beberapa jenis komponen di inet yg sama2 punya nama TRawPrinter. Salah satunya punyaku, yg merupakan pengembangan lebih lanjut dari TRawPrinter yg asli. Apa ini yg kamu pake? Kalo iya, mungkin aku bisa sedikit membantu (mudah2-an). :)
user image
more 13 years ago

_lmz

ya yang itu punyanya mas simba :) tapi aku bukan pakai, cuma lihat sourcenya saja untuk referensi. bikinnya pake PHP kok, print lewat web...
user image
more 13 years ago

simba

Print lewat web? maksudnya print lewat browser gitu? emang bisa kirim escape sequence ke printer lewat browser? Kalo bisa, keren tuh! :D
user image
more 13 years ago

_lmz

ya tapi browsernya kudu ditambah extension dulu :). Panjang kertasnya apa emang harus manual, mas simba? Bisa nggak kalau dikasih formfeed langsung pas ke top-of-form berikutnya?
user image
more 13 years ago

simba

> ya tapi browsernya kudu ditambah extension dulu Oh, I see. Hehehe... aku dulu pernah nyoba trik ini, tapi belum sempat naik ke production. :D > Panjang kertasnya apa emang harus manual, mas simba? Bisa nggak kalau dikasih formfeed langsung pas ke top-of-form berikutnya? Harus manual sih nggak. Cuman aku dulu gak nemu command-nya untuk passbook printer (mungkin krn bukan untuk cetak di kertas biasa kali ya). Jadi aku hitung manual aja, toh gak sulit. Lagian dgn cara manual, bisa lebih independen thd escape command. Apapun printernya, tetep jalan. Ini aku rasa penting, krn panjang kertas kan termasuk logika dasar dalam pencetakan. Kalo tiap ganti printer harus definisi ulang, cukup bikin ribet. Itu sebabnya dulu aku putusin hitung manual aja.
user image
more 13 years ago

simba

Oh ya, alasan yg sama berlaku untuk perhitungan left/right margin.
user image
more 13 years ago

herux

kalo pake ActiveX hanya utk IE doank yah ? atau @_lmz extension ni yang dimaksud ?
user image
more 13 years ago

simba

Ini sebenarnya trik mudah, tapi jarang dipikirin org. Gak perlu ActiveX atau Java Applet. ;) Singkatnya begini: - bikin mime-type baru, misal 'application/raw-print' - user harus install aplikasi tambahan (dari developer) yg nantinya akan menghandle mime-type tsb, aplikasi ini sebenarnya adalah aplikasi pencetak dgn memanfaatkan TRawPrinter. - register mime-type baru tsb di browser berikut aplikasi handlernya Dgn demikian, setiap kita kirim data dgn mime-type di atas, browser langsung menyerahkannya ke aplikasi handler. HTH.
more ...
  • Pages:
  • 1
  • 2
Share to

Random Topic

Local Business Directory, Search Engine Submission & SEO Tools FreeWebSubmission.com SonicRun.com